6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Image title
27 Desember 2021, 09:09
Ilustrasi cara mengatasi hidung tersumbat pada seseorang.
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami hidung tersumbat

Salah satu penyebab tidur dan kegiatan lainnya menjadi tidak nyaman adalah hidung tersumbat. Meski sering dianggap remeh, gejala ini cukup mengganggu pikiran. Bahkan akibat hidung tersumbat beberapa kegiatan harus dihentikan. Karena berimplikasi langsung terhadap saluran pernapasan sehingga membuat kita mudah lelah.

Hidung tersumbat umumnya diakibatkan oleh inflamasi dan penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah. Penyakit-penyakit yang sering memunculkan hidung tersumbat seperti: pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung kamu mampet selama beberapa minggu, meskipun demikian, bisa saja kamu mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek.

Advertisement

Selain itu ada beberapa penyebab lain yang menjadi biang hidung tersumbat seperti: alergi, alergi di hidung, tumbuhnya polip aau tumor jinak di hidung, paparan kimia, iritasi dari udara atau lingkungan, dan infeksi sinus yang sudah berlangsung lama atau sinusitis kronis.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Efektif

Berikut proses pengobatan hidung tersumbat yang dilansir dari Gooddoctor.co.id:

1. Meringankan Hidung Tersumbat dengan Inhaler

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan cara menggunakan inhaler. Seperti yang diketahui bahwa inhaler sendiri adalah obat hidung tersumbat yang dihirup dan sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Aroma yang kuat pada inhaler membuatnya menembus lendir yang telah menggumpal. Hasilnya, ada rongga yang tercipta dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Hidung akan terasa lebih lega dan keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit akan mereda.

 2. Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mandi

Tips dan trik mengatasi hidung tersumbat termudah berikutnya adalah dengan mandi. Tidak hanya dengan mandi biasa, tapi menggunakan air hangat atau panas. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung.

Selain itu, uap juga bisa mengurangi peradangan. Ini bisa meredakan keluhan hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement