7 Cara Menghilangkan Komedo dan Langkah Pencegahannya

Image title
28 Desember 2021, 08:36
Ilustrasi cara menghilangkan komedo menggunakan masker arang
Pexels/Gustavo Fring
Ilustrasi cara menghilangkan komedo menggunakan masker arang

Komedo merupakan permasalahan pada wajah yang umum dialami banyak orang. Komedo muncul ketika sel-sel yang melapisi saluran sebasea berkembang biak sehingga terjadi peningkatan produksi sebum atau minyak..

Menurut Pusat Informasi Obat Nasional, komedo terbagi menjadi dua, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka biasanya muncul pada folikel rambut yang ditandai dengan bintik hitam yang disebabkan oksidasi melanin, dan mengandung lemak. Komedo tertutup biasanya muncul pada folikel rambut, bercampur dengan lemak, keratin dan bakteri.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon dapat menghilangkan komedo. Bahan ini bersifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga mampu membasmi komedo terbuka dan tertutup, menurut studi dalam Medical Journal of Australia.

Minyak pohon teh juga dapat membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Studi dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menemukan, produk minyak pohon teh dengan konsentrasi 5% efektif menghilangkan jerawat ringan hingga sedang.

2. Witch hazel

Witch hazel adalah jenis tanaman obat yang bagian daun, kulit kayu, dan ranting dapat dimanfaatkan. Dalam menghilangkan komedo, witch hazel membantu membersihkan pori-pori tersumbat, melawan peradangan, kelebihan produksi minyak.

3. Minyak jojoba

Minyak jojoba dapat menghilangkan komedo dengan menembus folikel. Fakta tersebut tercantum dalam jurnal Polymers (Basel). Minyak jojoba juga dapat menghilangkan jerawat karena memperlambat produksi sebum berlebihan, yaitu salah satu penyebab jerawat.

Karena sangat cepat diserap oleh kulit, minyak jojoba dapat melarutkan pori-pori yang tersumbat minyak. Untuk kulit berjerawat atau berminyak, gunakan 1/2 sendok teh minyak jojoba dan 1/2 sendok teh minyak jarak.

Oleskan minyak ke wajah yang kering. Gunakan ujung jari untuk memijat lembut agar meresap ke dalam kulit selama satu atau dua menit. Cara ini dapat menghilangkan kotoran seperti bekas riasan dan sel kulit mati.

4. Masker arang atau tanah liat

Melansir Healthline, masker arang dan tanah liat bekerja lebih baik daripada formulasi lain karena membantu mengeringkan sebum yang terperangkap di pori-pori Anda. Bahan ini bahkan dapat membantu menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit yang terperangkap sehingga menghilangkan komedo dengan mudah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...