6 Manfaat Masker Putih Telur Agar Wajah Semakin Bersinar

Image title
29 Desember 2021, 14:18
Ilustrasi enam manfaat masker putih telur untuk wajah sehingga tetap bersinar indah sepanjang waktu.
Couleur/Pixabay
Ilustrasi enam manfaat masker putih telur untuk wajah sehingga tetap bersinar indah sepanjang waktu.

Salah satu manfaat dari sebutir telur adalah cairannya yang berwarna putih atau biasa disebut dengan putih telur. Cairan putih itu juga dikenal memiliki nama lain seperti albumen atau glair atau glaire. Cairan terkandung dalam setiap cangkang telur dan memiliki manfaat untuk tubuh.

Dalam setiap cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur terdiri dari 10% protein terlarut di air. Kegunaan putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio, karena putih telur kaya akan protein dan rendah lemak, yang merupakan kebalikan dari kuning telur, yang mengandung nilai lemak yang tinggi. Putih telur memiliki banyak kegunaan kuliner dan non-kuliner.

Untuk mendapatkan manfaat dari putih telur juga dapat disajikan dalam berbagai olahan. Salah satunya dijadikan untuk masker wajah. Adapun manfaat masker putih telur didukung oleh kandungan 3,6 gram protein. Itu sebabnya, telur populer sebagai bahan makanan yang bergizi sekaligus lezat.

Tidak hanya dari kandungan proteinnya, manfaat masker putih telur untuk wajah berasal dari kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bisa membuat kondisi kulit semakin baik. Oleh karenanya berikut aneka manfaat masker putih telur yang dilansir dari situs informasi kesehatan SehatQ.com:

1. Mengangkat dan Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Manfaat masker putih telur yang pertama adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Apabila Anda melakukannya secara rutin dalam menggunakan masker dari putih telur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tampilan wajah bisa lebih sehat dan berkilau alami.

2. Menghilangkan Komedo Putih di Sekitar Hidung dan Wajah

Kehadiran komedo putih atau whitehead tentu akan sebagian besar orang merasa risih. Komedo jenis ini dapat terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, sisa riasan wajah, maupun kotoran.

Untuk memberantasnya, Anda bisa menggunakan manfaat masker putih telur dan lemon. Namun, Anda harus hati-hati ketika menggunakan masker lemon dan putih telur, khususnya bagi yang memiliki kulit wajah sensitif. Jika tidak hati-hati maka rentan untuk menimbulkan iritasi, serta rasa perih yang sangat dalam.

3. Menyerap Minyak Berlebih pada Wajah

Jika Anda memiliki kulit wajah dengan penuh minyak, hal itu dapat dihindari dan dikurangi dengan manfaat masker putih telur untuk wajah juga bisa Anda dapatkan. Manfaat putih telur untuk wajah dapat Anda rasakan untuk mengurangi produksi sebum berlebih di wajah Anda.

3. Mengurangi Dampak Garis Halus pada Wajah

Dalam setiap polesan masker dari putih telur pada wajah dapat menyamarkan garis-garis halus di wajah. Manfaat masker putih telur untuk wajah ini didapat berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Manfaat vitamin A adalah meningkatkan penyembuhan luka dan membantu dalam mengurangi keriput di wajah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...