6 Manfaat Masker Putih Telur Agar Wajah Semakin Bersinar

Image title
29 Desember 2021, 14:18
Ilustrasi enam manfaat masker putih telur untuk wajah sehingga tetap bersinar indah sepanjang waktu.
Couleur/Pixabay
Ilustrasi enam manfaat masker putih telur untuk wajah sehingga tetap bersinar indah sepanjang waktu.

Salah satu manfaat dari sebutir telur adalah cairannya yang berwarna putih atau biasa disebut dengan putih telur. Cairan putih itu juga dikenal memiliki nama lain seperti albumen atau glair atau glaire. Cairan terkandung dalam setiap cangkang telur dan memiliki manfaat untuk tubuh.

Dalam setiap cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur terdiri dari 10% protein terlarut di air. Kegunaan putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio, karena putih telur kaya akan protein dan rendah lemak, yang merupakan kebalikan dari kuning telur, yang mengandung nilai lemak yang tinggi. Putih telur memiliki banyak kegunaan kuliner dan non-kuliner.

Untuk mendapatkan manfaat dari putih telur juga dapat disajikan dalam berbagai olahan. Salah satunya dijadikan untuk masker wajah. Adapun manfaat masker putih telur didukung oleh kandungan 3,6 gram protein. Itu sebabnya, telur populer sebagai bahan makanan yang bergizi sekaligus lezat.

Tidak hanya dari kandungan proteinnya, manfaat masker putih telur untuk wajah berasal dari kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bisa membuat kondisi kulit semakin baik. Oleh karenanya berikut aneka manfaat masker putih telur yang dilansir dari situs informasi kesehatan SehatQ.com:

1. Mengangkat dan Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Manfaat masker putih telur yang pertama adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Apabila Anda melakukannya secara rutin dalam menggunakan masker dari putih telur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tampilan wajah bisa lebih sehat dan berkilau alami.

2. Menghilangkan Komedo Putih di Sekitar Hidung dan Wajah

Kehadiran komedo putih atau whitehead tentu akan sebagian besar orang merasa risih. Komedo jenis ini dapat terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, sisa riasan wajah, maupun kotoran.

Untuk memberantasnya, Anda bisa menggunakan manfaat masker putih telur dan lemon. Namun, Anda harus hati-hati ketika menggunakan masker lemon dan putih telur, khususnya bagi yang memiliki kulit wajah sensitif. Jika tidak hati-hati maka rentan untuk menimbulkan iritasi, serta rasa perih yang sangat dalam.

3. Menyerap Minyak Berlebih pada Wajah

Jika Anda memiliki kulit wajah dengan penuh minyak, hal itu dapat dihindari dan dikurangi dengan manfaat masker putih telur untuk wajah juga bisa Anda dapatkan. Manfaat putih telur untuk wajah dapat Anda rasakan untuk mengurangi produksi sebum berlebih di wajah Anda.

3. Mengurangi Dampak Garis Halus pada Wajah

Dalam setiap polesan masker dari putih telur pada wajah dapat menyamarkan garis-garis halus di wajah. Manfaat masker putih telur untuk wajah ini didapat berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Manfaat vitamin A adalah meningkatkan penyembuhan luka dan membantu dalam mengurangi keriput di wajah.

Tidak hanya itu saja, putih telur juga mengandung selenium yang membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Meskipun demikian, hingga saat ini masih belum ada bukti medis yang menunjukkan bahwa fungsi masker putih telur dapat menghilangkan keriput secara permanen.

4. Mencegah Terjadinya Kemunculan Jerawat pada Wajah

Keberadaan jerawat pada wajah tentu menjadi suatu hal yang sangat meresahkan terutama bagi mereka di kalangan remaja yang masih memasuki masa pubertas. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan putih telur. Karena bahan tersebut masuk dalam kandungan alami untuk mengobati jerawat, khususnya di wajah.

Adapun manfaat masker putih telur dikatakan mampu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran di wajah sekaligus menyerap kelebihan minyak, yang menjadi penyebab munculnya jerawat.
Selain itu, putih telur juga mengandung lisozim, yakni sejenis senyawa antibakteri. Ada kandungan lisozim yang diyakini dapat melawan bakteri penyebab berjerawat.

Namun, sama seperti manfaat putih telur untuk wajah dalam mengurangi kerutan, fungsi masker putih telur untuk mencegah jerawat belum terbukti dalam penelitian ilmiah.

5. Menjadi Pelembap Alami Kulit Wajah

Wajah lembap dan tidak berminyak tentu menjadi harapan bagi setiap orang. Salah satu untuk mendapatkannya adalah dengan manfaat masker putih telur dapat melembapkan kulit berkat kandungan protein yang tinggi di dalamnya.

Protein adalah humektan, yang dikenal sebagai agen yang mampu menjaga kelembapan kulit. Lapisan kulit paling atas (stratum corneum) akan menyerap air pada permukaan kulit sehingga kulit akan terasa lembap.

6. Mengencangkan Kulit Secara Alami

Adapun manfaat masker putih telur yang terakhir adalah untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Karena manfaatnya, banyak yang menyebut kegunaan masker putih telur satu ini serupa melakukan prosedur face lift.

Pasalnya, setelah masker dari putih telur dibilas dari wajah pun, efek kencang ini biasanya masih akan terasa hingga satu jam setelahnya. Selain itu pembuatan masker putih telur juga tergolong mudah dan sederhana. Cukup putih telur dikocok dan apabila perlu dapat dicampurkan dengan beberapa ramuan alami lainnya.

Demikianlah enam manfaat masker putih telur yang bisa Anda dapatkan secara mudah dan murah. Pemakaian ini tentunya harus dengan hati-hati. Bila ditemukan luka atau gejala kulit sehabis pemakaian maka sangat dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter terdekat.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait