9 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Praktis

Image title
30 Desember 2021, 16:48
Ilustrasi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat penting untuk membantu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto
Ilustrasi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat penting untuk membantu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan Berbahasa Inggris di era modern saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar yang hampir menjadi kewajiban bagi setiap orang. Hal itu disebabkan terbukanya komunikasi antar masyarakat yang telah menembus batas negara dan waktu. Sehingga kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan saat bercakap-cakap dengan berbagai komunitas dari berbagai negara.

Bagi Anda yang menyadari kemampuan bahasa Inggrisnya masih berantakan, tetapi ingin bisa belajar bahasa Inggris. Tenang, karena Anda masih berkesempatan untuk bisa belajar sendiri dan mahir berbahasa Inggris.

Advertisement

Berikut 9 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan praktis yang bisa dipraktikkan di rumah yang dilansir dari situs Penerbitbukudeepublishing.com. Melalui tips dan trik ini Anda bisa belajar Bahasa Bahasa Inggris dengan mudah, murah dimanapun dan kapanpun.

1. Rajin Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris yang pertama adalah dengan memperbanyak mendengarkan lagu Berbahasa Inggris. Apabila dilihat secara singkat tips ini nampaknya remeh, akan tetapi sangat efektif membantu kamu menguasai bahasa. 

Dalam belajar Anda bisa menambahkan variasi dengan melihat teks lirik musik. Dengan mengamati teks lirik akan sangat membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Cara belajar bahasa inggris seperti ini menyenangkan dan dijamin tidak membosankan. Karena dengan mendengarkan musik sambil bernyanyi, Anda bisa sambil belajar dan menguasai salah satu cabang bahasa dan sastra ini.

2. Memperbanyak Tontonan Film Berbahasa Inggris

Selanjutnya cara belajar Bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak tontonan yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Selain menghibur, setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan banyak kosakata yang akan terus diulang-ulang. Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

3. Membaca Literasi Berbahasa Inggris

Salah satu metode efektif dalam cara belajar Bahasa Inggris adalah dengan membaca. Salah satu bacaan yang bisa menjadi rekomendasi adalah membaca buku novel berbahasa inggris. Misalnya buku novel keluaran dari luar negeri. Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

4. Rajin Menulis Perbendaharaan Kosakata Baru

Mencatat kosakata baru bisa menjadi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat efektif. Catatan itu bisa Anda dapatkan dari bacaan, tontonan, atau siniar yang Anda dengarkan secara rutin. Selain itu pastikan kosakata yang kamu catat adalah kosakata yang belum kamu pahami. Jika ada kosakata yang sudah familiar dan sudah kamu ketahui, kamu tidak perlu melakukannya lagi.

5. Berani Mencoba Menulis Dalam Bahasa Inggris

Semakin beani Anda mencoba mepraktikkan kemampuan Anda dalam Berbahasa Inggris maka semakn cepat Anda dalam berkembang. Hal itu sebagai implementasi setelah Anda mempelajari pelafalan bahasa inggris lewat nonton film dan mendengar musik. Kemudian sudah memperbanyak kosakata. Maka langkah selanjutnya adalah, mencoba untuk menulis menggunakan kalimat inggris.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement