3 Atlet Terkaya di Indonesia

Berikut tiga atlet terkaya di Indonesia yang memiliki beragam aset hingga miliaran rupiah dari beragam latar belakang cabang olahraga.
Image title
30 Desember 2021, 16:19
Mantan Atlet Bulutangkis Taufik Hidayat sebagai atlet terkaya di Indonesia yang memiliki beragam aset hingga miliaran rupiah dari beragam latar belakang cabang olahraga.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Mantan Atlet Bulutangkis Taufik Hidayat sebagai atlet terkaya di Indonesia yang memiliki beragam aset hingga miliaran rupiah dari beragam latar belakang cabang olahraga.

Bangkitnya semangat berolahraga masyarakat Indonesia yang ditunjukkan melalui antusiasme dalam menyaksikan perhelatan sepak bola dan bulu tangkis dalam beberapa waktu ini, menjadi pertanda bahwa euforia olahraga sedang tinggi. Peningkatan antusias warga Indonesia juga berbanding lurus dengan besaran gaji serta bonus atlet yang memainkan laga tersebut.

Besaran bonus yang diberikan pemerintah pada para peraih medali saat Olimpiade Tokyo lalu nilainya mencapai miliaran rupiah. Ada anggapan bahwa menjadi atlet saat ini bisa kaya. Apalagi ada atlet yang ternyata memiliki nilai kekayaan fantastis.

Dalam proses mengejar kekayaan para atlet ini melakukan banyak cara, dari jalur olah raga hingga bisnis biasa. Tidak jarang juga yang melakukan keduanya. Selain itu, ada beberapa atlet tanah air yang ternyata memiliki kekayaan selangit lho. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras tidak mengkhianati hasil.

Tidak hanya bonus dan gaji dari pemerintah sumber pendapatan para atlet. tidak jarang mereka juga mendapatkan penghasilan dari hasil endorse atau menjadi ikon sebuah produk dari alat olahraga, kosmetik hingga makanan.

Berikut daftar atlet terkaya di Indonesia yang dilansir dari situs Finpedia.id. Dalam daftar tersebut akan berisi beragam atlet dari lintas cabang olahraga.

1. Michael Bambang Hartono

Atlet terkaya di Indonesia yang menduduki baris pertama adalah Michael Bambang Hartono. Sosoknya merupakan atlet bridge tanah air yang berhasil memboyong medali perunggu pada Asian Games 2018 lalu. Bridge merupakan cabang olahraga otak yang menggunakan kartu. Dalam olahraga bridge, terdapat dek 52 kartu standar yang dimainkan oleh empat pemain yang dibagi menjadi 2 tim dengan posisi duduk saling berhadapan.

Permainan ini memerlukan ketajaman berpikir dan juga strategi yang cemerlang untuk bisa memenangkannya. Dia sudah mengenal bridge sejak usianya enam tahun dan sempat membawa medali emas dari World Bridge Federation (WBF).

Tidak hanya sebagai atlet yang sering memenangkan laga permainan bridge. Sebagai atlet terkaya di Indonesia, Michael bersama saudara laki-lakinya, Robert Budi Hartono menjalankan bisnis di berbagai bidang, mulai dari bank dengan BCA-nya, lalu ada lagi perusahaan rokok Djarum, properti, Polytron dan beberapa bisnis lainnya.

 2. Chris John

Sosok Chris John selalu lekat dengan salah satu produk suplemen yang cukup populer di tanah air. Sebagai petinju Chris John sempat dinobatkan sebagai atlet terkaya pada tahun 2018 lalu. Laporan yang dikeluarkan oleh Toprichests 2018, pria asal Banjarnegara itu disebut memiliki kekayaan bersih sebesar US$15 juta atau sekitar Rp218 miliar.

Kini dirinya sudah pensiun dari ring tunju dan masuk sebagai posisi sebagai Wakil Ketua Umum (waketum) IV Bidang Kerja Sama Luar Negeri, Media dan Humas KONI periode 2019 - 2023. Namun sepertinya dunia tinju tidak dapat dilepaskan dari dirinya. Chris John mendirikan PT Chris John Indonesia yang menjadi promotor tinju profesional.

 3. Taufik Hidayat

Atlet terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Taufik Hidayat, Dirinya banyak menorehkan prestasi yang cemerlang di dunia Bulu Tangkis membuat dia memiliki kekayaan hingga US$11 juta per 2018 lalu.

Sosok mantu dari Agum Gumelar ini juga ikut membangun pusat olahraga yang memiliki fokus mencari generasi muda berbakat di bidang bulutangkis. Pusat olahraga yang dinamakan Taufik Hidayat Area (THA) itu berada di wilayah Jakarta Timur dengan menempati lahan seluas 6.600 meter persegi berkelas internasional.

Demikianlah tiga atlet terkaya di Indonesia yang memiliki kekayaan fantastis. Apabila ditilik dari masing-masing olahragawan pundi-pundi kekayaan mereka tidak hanya berasal dari hasil kerja mereka di lapangan saat bertanding. Namun juga dari pendapatan sampingan seperti iklan atau zona olahraga yang dimiliki oleh Taufik Hidayat.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait