6 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik untuk Dipelihara di Rumah

Image title
4 Januari 2022, 13:33
Ilustrasi ikan guppy termahal
Getty Images
Ilustrasi ikan guppy termahal

Ikan hias air tawar seperti ikan guppy memang sangat cocok dipelihara di rumah saat masa pandemi Covid-19. Ikan guppy memiliki ciri khas pada pola, warna, dan bentuk ekornya. Selain kecantikannya, sebagian jenisnya ada yang menyandang gelar sebagai ikan guppy termahal.

Ikan guppy adalah ikan air tawar berwarna-warni. Memiliki nama ilmiah Poecilia reticulata atau Lebistes reticulatus, ikan guppy termasuk ke dalam famili Poeciliidae. Habitat asli ikan guppy berada di kawasan perairan air tawar di Amerika Selatan. Ikan tersebut bisa ditemukan di lokasi sungai kecil, sungai yang mengalir lambat, danau, kolam, dan kadang-kadang di perairan payau. Wilayahnya meliputi Barbados, Brasil, sampai ke Kepulauan Virginia.

Ikan guppy, termasuk di dalamnya adalah ikan guppy termahal umumnya mempunyai kemampuan adaptasi yang bagus. Hal ini kemudian membuatnya menjadi salah satu ikan hias air tawar populer seperti ikan cupang. Tidak hanya pandai beradaptasi, ikan guppy bisa dibilang sangat mudah untuk dirawat.

Karakteristik dan Ciri-ciri Ikan Guppy

Sejarah mencatat, ikan guppy ditemukan pertama kali pada tahun 1866 oleh seorang bernama Robert John Lechmere Guppy di Trinidad. Akan tetapi, ikan tersebut ternyata sudah telah teridentifikasi secara ilmiah sebagai Poecilia reticulata oleh Wilhelm Peters di tahun 1859. Semenjak saat itu, ikan guppy terus menyebar dan menjadi ikan hias air tawar terpopuler di sejumlah negara seperti Indonesia.

Jenis ikan guppy termahal biasanya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Ini menjadi pembeda antara jenis ikan guppy unggulan dengan yang biasa. Meski demikian, hampir semua jenis ikan ini mempunyai pesona di bagian corak warna serta bentuk ekornya.

Ikan guppy sekilas hampir mirip dengan ikan cupang dari segi tampilannya. Namun jika diperhatikan, ada beberapa perbedaan di antara kedua jenis ikan hias air tawar itu.

Merujuk dari jurnal ilmiah berjudul Biologi Reproduksi Ikan Guppy (Poecilia reticulata) dari Bendungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, dijelaskan bahwa ikan guppy (termasuk ikan guppy termahal) pada umumnya berukuran kecil dengan bentuk tubuh memanjang silindris, bagian kepala kecil kemudian membesar di bagian tengah tubuh, lalu mengecil ke bagian ekor.

Sedangkan untuk siripnya memiliki ciri membesar dan membulat, berbentuk seperti kipas. Ikan ini awalnya merupakan jenis ikan liar yang hidup di perairan air tawar.

Selain mudah dalam hal perawatannya, ikan guppy bisa hidup pada kondisi air yang cukup ekstrim sekalipun. Ini artinya, ikan guppy bisa dipelihara di akuarium dengan berbagai macam instalasi yang dipasang.

Bentuk ikan guppy jantan dan betina memiliki sejumlah perbedaan. Masih mengutip dalam jurnal yang sama, sirip ekor ikan jantan mempunyai corak dan warna yang cerah, sedangkan ikan guppy betina mempunyai warna yang tidak mencolok atau kurang menarik.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan kalau ikan guppy dan ikan guppy termahal yang menarik untuk dipelihara adalah ikan guppy jantan. Selain itu, kebanyakan ikan guppy jantan lebih berwarna serta ukurannya bisa tumbuh sekitar 4 cm. Sementara guppy betina lebih besar dan warnanya cenderung pucat.

Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik

Sejak mewabahnya virus corona, tren memelihara ikan guppy mulai digandrungi kembali oleh masyarakat. Terutama setelah diberlakukannya aturan Work From Home (WFH) oleh beberapa perusahaan. Ikan ini sangat mudah dipelihara dan bisa membantu meringankan stres.

Bisnis budidaya ikan guppy pun terbilang sangat potensial. Apalagi saat ini harga ikan guppy termahal masih berada di angka yang cukup besar. Dilansir dari Helpushfis.com, beberapa jenis ikan guppy termahal yaitu Purple Moscow Guppies, Fancy Guppies, hingga Green Red Dragon. Harga ikan tersebut bisa menembus jutaan rupiah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...