Mengenal Tangga Nada dan Jenis Urutannya

Image title
11 Januari 2022, 16:12
Ilustrasi tangga nada
unspalsh.com
Ilustrasi tangga nada

Suara musik dan alunan irama yang menyertainya dapat membuat nyaman saat didengarkan. Banyak orang yang menjadikan musik sebagai hiburan bahkan terapi pengobatan. Dari ragam musik yang ada, dapat ditemukan berbagai jenis, mulai dari pop, R&B, jazz, dan lainnya.

Di balik merdunya suara musik, ada tangga nada yang mengatur irama. Tangga nada berarti susunan yang berjenjang dan berasal dari nada-nada pokok sebuah sistem nada. Mulai dari nada dasar sampai dengan nada oktaf, yaitu do, re, mi, fa, so, la, si, do. Namun, ada pula yang menyebut tangga nada merupakan susunan dari sebuah nada yang dirangkai dengan menggunakan rumus interval dari nada tertentu.

Adapun interval nada adalah jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain. Jarak tersebut beragam, ada yang memiliki jarak setengah, ada yang satu, dan juga ada yang dua. Dari jarak tersebut nantinya akan menentukan sebuah variasi nada dan juga jenis tangga nada yang dihasilkan.

Di sisi lain di dalam tangga nada terdapat tiga macam yang berbeda-beda. Antara lain, tangga nada diatonis, pentatonis, dan juga kromatis.

Sebagaimana dikutip dari situs Gramedia.com, tangga nada menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai instrumen yang bisa membuat sebuah lagu dapat didengar dengan harmonis dan indah. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tangga nada merupakan susunan dari beberapa not lagu yang disusun secara berurutan.

Aneka Ragam Jenis Tangga Nada

Dilansir dari buku Aku Suka Musik yang ditulis oleh Adi Jarot Pamungkas tangga nada memiliki tiga ragam jenis, antara lain:

1. Tangga Nada Diatonis

Tangga nada yang pertama dikenal dengan diatonis. Tangga nada satu ini memiliki tujuh nada bagian berbeda yang dibedakan dalam setiap satu oktaf. Tujuh nada tersebut nantinya akan diakhiri dengan satu nada yang berulang.

Selain itu, jarak antara not maupun nada diatonis adalah satu dan setengah. Salah satu contoh dari tangga nada diatonis adalah C mayor. Dimulai dari do diteruskan dengan A minor yang dimulai dari la. Diatonis masuk sebagai salah satu pengetahuan dasar dari sebuah teori musik. Terutama pada musik yang berasal dari Negara Barat seperti Eropa.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...