11 Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Dwi Latifatul Fajri
11 Januari 2022, 16:45
Usaha Sampingan
unsplash.com/CardMapr
Ide Usaha Sampingan

Mempunyai usaha sampingan bermanfaat untuk menambah penghasilan sehari-hari. Usaha sampingan ini bisa dilakukan dengan modal kecil sesuai bisnis yang akan dirintis.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari ide usaha sampingan untuk karyawan, ibu rumah tangga, atau orang yang berada di rumah. Anda juga perlu memikirkan apakah usaha sampingan ini bisa dilakukan di desa, di rumah, dan di waktu luang.

Sekarang ini, ada rekomendasi usaha sampingan yang bisa dilakukan melalui internet dan gawai. Berikut ide usaha sampingan di rumah yang bisa dicoba.

Usaha Sampingan di Rumah

1. Content Creator

Salah satu ide usaha sampingan karyawan adalah content creator. Ide usaha sampingan ini bisa dilakukan di rumah tanpa terbatas ruang dan waktu. Selain itu content creator bisa dilakukan siapapun tanpa terbatas usia, asal memiliki ponsel dan terhubung internet.

Content creator adalah seseorang yang berkontribusi membuat konten dan diunggah melalui internet. Konten ini bisa berupa tulisan, video, gambar, suara, dan gabungan semuanya. Anda bisa mencoba membuat ide untuk diunggah di media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan Twitter.

2. Buka Toko Online

Kemajuan teknologi membuat ide usaha beralih dari offline ke online. Anda bisa memasarkan barang dan menjual melalui toko online. Ide usaha sampingan adalah membuka toko online melalui media sosial atau penyedia membuka toko online.

Anda bisa menjual berbagai barang secara online misal pakaian, makanan, dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Anda bisa mengunggah barang-barang yang dijual serta menentukan harga sesuai pasaran toko online.

3. Dropshipper

Jika Anda tidak memiliki modal barang, cobalah menjadi dropshipper. Bisnis dropship ini merupakan kerja sama marketplace dan pihak toko online.

Anda bisa menawarkan dan mempromosikan barang memakai fitur dropshipper. Sebagai penjual dropshipper anda tidak perlu stok barang, cukup menentukan jenis produk untuk dijual di toko online.

4. Youtuber

Beberapa orang menyukai ide membuat video dan mengunggah konten di internet. Salah satu ide sampingan adalah menjadi Youtuber. Konten Youtube yang unik dan kreatif dapat menarik penonton untuk menambah jumlah tayangan.

Anda bisa memulai usaha sampingan menjadi seorang Youtuber. Penghasilan kreator Youtuber sendiri bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebelum memulai mengunggah video, cobalah untuk membuat ide untuk konten sesuai hobi atau bidang yang disukai. Setelah itu, anda bisa mengunggah konten video yang menarik di Youtube.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...