Reboisasi Adalah Penanaman Hutan Kembali: Berikut Manfaatnya

Image title
13 Januari 2022, 15:43
Warga dari sejumlah komunitas menanam pohon di gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/2/2020). Penanaman seribu bibit pohon berbagai jenis tersebut untuk melestarikan sumber air di wilayah sekitar. Reboisasi adalah proses penan
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Warga dari sejumlah komunitas menanam pohon di gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/2/2020). Penanaman seribu bibit pohon berbagai jenis tersebut untuk melestarikan sumber air di wilayah sekitar.

Di tengah isu pemanasan global, banyak pihak berusaha mencari solusi atas permasalahan lingkungan tersebut. Salah satu cara adalah dengan proses penghijauan yang menjadi gambaran sebuah kata yang dipakai untuk menggambarkan aktivitas menanam pohon. Hal itu menjadi gambaran kegiatan menanam pohon kata yang digunakan adalah penghijauan.

Penghijauan banyak dilakukan masyarakat sebagai salah satu cara melestarikan alam, mengingat bahwa pohon mempunyai banyak sekali manfaat, tidak hanya bagi lingkungan dan juga fungsinya atau alam, namun juga bagi makhluk hidup baik manusia maupun binatang.

Pohon yang ditanam dalam kegiatan penghijauan dalam bermacam-macam. Pohon-pohon yang ditanam dipilih dengan memiliki fungsi sebagai penyimpan air di dalam akar, yang mempunyai kayu yang serbaguna, atau yang berbuah lebat. Beberapa jenis pohon yang biasa ditanam dalam aktivitas penghijauan adalah pohon bakau, pohon jati, pohon akasia, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, penghijauan dilakukan di beberapa area yang masih belum banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan perlu untuk ditanami pepohonan, seperti area lapang di perkotaan (semacam tatanan taman kota), pinggir jalan, di batas pemisah jalan, dan lain sebagainya. Selain itu, penghijauan biasanya juga dilakukan di lingkungan sekolah untuk menanamkan rasa cinta lingkungan kepada siswa, dan sikap peduli terhadap alam.

Sistem Penghijauan dengan Reboisasi

Setelah mengenal sistem penghijauan yang telah disebut sebelumnya. Ada juga terma reboisasi. Secara makna rebosiasi adalah salah satu kata yang berhubungan dengan pohon. Kita sering mendengar reboisasi merupakan penghijauan yang dilakukan di hutan gundul. Dengan demikian, yang dimaksud dengan reboisasi adalah penanaman hutan kembali, yakni hutan yang sudah gundul agar dapat berfungsi dengan baik, yakni sesuai dengan peruntukkannya lagi.

Meski memiliki kesamaan kegiatan yaitu proses menanam pepohonan, ada beberapa persamaan antara penghijauan dan reboisasi. Adapun dari kesamaannya adalah sama- sama menanam pohon di suatu lahan. Tujuan dari menanam pohon inipun juga sama, yakni agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya dan planet bumi lebih sehat karena banyak mempunyai pepohonan yang berperan sebagai paru-paru dunia. Walaupun keduanya mirip, bahkan terbilang sama, namun antara penghijauan dan reboisasi ini mempunyai perbedaan seperti yang telah disebutkan di atas.

Manfaat Reboisasi

Kegiatan menanam pohon atau reboisasi memiliki segudang manfaat. Karena reboisasi adalah proses penciptaan sumber penghasil oksigen. Serta menjadi pembuatan gudang penyimpanan dalam tanah dengan menggunakan akarnya yang kuat. Adapun manfaat yang paling terasa adalah dengan fungsinya sebagai pencegah bencana seperti banjir dan longsor. Berikut ulasan manfaatnya yang dikutip dari artikel Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...