Konsumen Adalah Pemakai Barang Atau Jasa, Berikut Penjelasannya

Image title
17 Januari 2022, 11:01
Konsumen Adalah Pemakai Barang Atau Jasa, Berikut Penjelasannya
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nz.
Pedagang melayani pembeli di Pasar Besar, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/12/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kalteng pada November 2021 terjadi inflasi 0,28 persen dengan IHK sebesar 107,84, inflasi tersebut gabungan dari dua kota rujukan yaitu Palangkaraya dan Sampit karena adanya peningkatan di berbagai komoditas indeks kelompok. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nz.

Dalam keseharian kita tentu cukup akrab dengan kegiatan jual beli. Entah menjadi pedagang, atau menjadi pembeli yang kerap disebut dengan konsumen. Meski kerap menjadi konsumen, namun tak semua mengetahui arti dari konsumen atau kegiatan mengonsumsi itu sendiri.

Secara makna konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Kegiatan ini dalam Bahasa Jawa dikenal dengan kulakan.

Kegiatan pelaku konsumen ini disebut dengan konsumsi. Kepentingan konsumen adalah memenuhi kebutuhannya dengan memperhitungkan keterjangkauan daya belinya. Selain itu juga ditemukan dengan konsumen internal yang memiliki arti pihak yang memerlukan produk dari pihak lain melalui suatu sistem produksi.

Hubungan dengan konsumen internal menghasilkan produk berupa barang jadi. Jenis hubungannya bukan hubungan bisnis melainkan kegiatan manajemen. Masing-masing bekerja atas dasar suatu perencanaan tertentu. Hubungan dengan konsumen internal juga menghasilkan kegiatan pengendalian mutu.

Pengertian Perilaku Konsumen

Setelah memahami arti konsumen, berikutnya adalah memahami perilakunya atau perilaku konsumen itu sendiri. Berikut pengertian perilaku konsumen yang dihimpun dari berbagai pakar:

1. Philip Kotler and Kevin Keller

Menurut Philip Kotler and Kevin Keller, perilaku konsumen adalah kondisi seseorang baik secara individu maupun kelompok dalam mempertimbangkan, memilih, membeli, memanfaatkan, hingga melakukan evaluasi sebuah produk dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka.

2. John C. Mowen dan Michael Minor

Kedua sosok John C. Mowen dan Michael Minor memberi konsep bahwa perilaku konsumen adalah kondisi seorang konsumen berproses dalam menentukan keputusan terhadap sebuah produk, mulai dari menerima, membeli, memanfaatkan, dan menentukan barang dan/ atau jasa yang digunakan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...