Resensi Adalah Ulasan Tentang Suatu Karya, Ini Jenis dan Contohnya

Image title
17 Januari 2022, 13:46
Resensi adalah tulisan yang menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.
Unsplash/Gülfer ERG?N
Ilustrasi resensi buku

Resensi adalah salah satu bentuk penilaian terhadap suatu karya seperti buku dan film. Resensi bisa dibuat oleh siapa saja dengan tujuan memberitahukan kelemahan serta kelebihan karya tersebut kepada pembaca. Resensi menjadi sarana alternatif untuk menyuarakan pendapat tersebut.

Dulu mungkin kita sering melihat tulisan resensi yang dimuat dalam surat kabar ataupun majalah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tulisan resensi dapat dijumpai di media digital sampai media sosial seperti Twitter.

Cara menulis resensi sebenarnya cukup mudah kalau kita mengetahui struktur penulisan dan tujuan dibuatnya resensi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan tentang resensi, mulai dari pengertian beserta contoh resensi berikut ini.

Pengertian Resensi

Resensi adalah suatu tulisan yang menyajikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan sebuah karya seperti buku, novel, cerpen, dan film. Kebanyakan resensi akan memberikan gambaran yang dapat menjadi pertimbangan pembaca untuk melihat karya tersebut atau tidak.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang ulasan buku. Resensi juga bisa diartikan sebagai pendapat suatu redaksi terhadap hasil kesenian, kesusastraan dan sebagainya.

Mengutip dari situs penerbit buku Gramedia.com, tulisan resensi adalah tinjauan kritis yang dibuat oleh seseorang terhadap kualitas suatu buku. Menurut WJ. S. Poerwadarminta, di dalam resensi terdapat ulasan mengenai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, serta dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca, dimiliki, atau dibeli.

Sederhananya, di dalam tulisan resensi kita bisa menemukan penilaian yang diberikan oleh penulis (peresensi) tentang suatu buku. Saat ini objek resensi tidak hanya buku. Beberapa karya seperti film, cerpen, lukisan, dan sebagainya bisa kita buat resensi.

Ciri-ciri Resensi

Resensi adalah suatu usaha dari seseorang untuk memberikan pandangannya terhadap suatu karya. Pendapatnya ini dapat menjadi pertimbangan apakah karya tersebut bisa dinikmati sesuai harapan pembaca atau tidak.

Merujuk dalam buku Cara Efektif Meresensi Buku, berikut beberapa ciri-ciri yang ada pada tulisan resensi:

Memiliki Judul

Di dalam tulisan resensi, umumnya memiliki judul. Judul tersebut adalah judul tulisan resensi dan bukan merupakan judul dari objek resensi.

Judul resensi yang menarik akan mendorong khalayak untuk membacanya. Kemudian usai membaca resensi tersebut, pembaca diharapkan akan membeli karya yang menjadi objek resensi.

Identitas Buku

Identitas buku meliputi judul buku, pengarang, penerbit, kota penerbit, jumlah halaman, cetakan ke berapa, dan harga buku. Selain itu, biasanya terdapat pula nama pengarang buku tersebut.

Mencantumkan Sinopsis dan Ulasan Buku

Dalam tulisan resensi, peresensi akan menyampaikan ulasannya mengenai latar belakang dan tujuan dibuatnya suatu karya buku. Kemudian, pada bagian awalnya dia akan memberikan sedikit ringkasan atau sinopsis dari buku tersebut.

Penilaian Terhadap Kekurangan dan Kelebihan Buku

Peresensi diharuskan untuk memberikan penilaian yang objektif terhadap suatu karya. Ini dimaksudkan agar tulisan yang dibuat dapat menjadi pertimbanan atau saran untuk pembaca.

Dalam sebuah tulisan resensi, peresensi biasanya akan mencantumkan kelebihan dan kekurangan suatu karya. Misalnya karya tersebut memiliki penyajian yang unik atau karya itu mempunyai jalan cerita yang bagus.

Struktur Resensi

Di luar sana masih ada sebagian orang yang menganggap bahwa sinopsis dan resensi adalah satu tulisan yang sama. Padahal pada kenyataannya kedua tulisan tersebut sangat berbeda.

Jika melihat dari definisinya, resensi adalah tulisan yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan dan menilai suatu karya yang dijadikan objek resensi. Sementara itu, menurut Janner Simarmata dalam Kiat Menulis: Semua Bisa Menulis Buku menjelaskan kalau sinopsis merupakan gambaran ringkas dari karya tersebut.

Perbedaan antara resensi dan sinopsis bisa dilihat juga dari struktur penulisannya. Sebagaimana dilansir dari situs ruangguru.com, struktur resensi meliputi:

Identitas

Identitas suatu karya harus dicantumkan pada tulisan resensi. Bagian ini menjadi informasi penting yang mesti disampaikan kepada para pembaca.

Orientasi

Bagian tersebut umumnya menjelaskan kelebihan yang dimiliki oleh suatu karya. Orientasi diletakan pada paragraf pertama dan bisa menjadi kalimat pembuka yang menarik agar pembaca tertarik pada resensi.

Sinopsis

Sinopsis adalah tulisan ringkas berupa rangkuman yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap karya yang akan diresensi.

Analisis

Analisis merupakan tinjauan kritis atau sudut pandang peresensi terhadap karya yang diresensi.

Evaluasi

Bagian ini merupakan paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya yang menjadi objek resensi.

Jenis-jenis Resensi

Secara umum tulisan resensi bisa dibedakan berdasarkan isi dan cara penyajiannya. Adapun jenis-jenis resensi bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Resensi informatif: jenis resensi ini merupakan tulisan yang menjelaskan secara ringkas tentang substansi dari suatu karya.
  2. Resensi evaluatif: merupakan ulasan ringkas tentang rangkuman dari suatu karya dengan melibatkan penilaian terkait kekurangan dan kelebihan karya tersebut.
  3. Resensi informatif-evaluatif: jenis resensi yang mencakup ulasan penuh tentang penilaian suatu karya. Selain itu, dalam tulisan ini akan disertai dengan evaluasi subyektif dari penulis.  

Contoh Resensi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh tulisan resensi:

Contoh resensi buku novel Rapijali karya Dee Lestari yang dikutip dari Gramedia.com:

Identitas Buku

Judul buku: Rapijali

Pengarang: Dee Lestari

Penerbit: Bentang Pustaka

Tanggal Terbit: 24 Februari 2021

ISBN: 9786022917724

Tebal halaman: 368 halaman

Lebar: 13.5 cm

Panjang: 20.0 cm

Berat: 0.22 kg

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement