Anxiety Adalah Rasa Cemas Terhadap Stres, Berikut Gejala dan Jenisnya

Image title
17 Januari 2022, 17:17
Anxiety adalah rasa cemas terhadap stres.
pixabay.com/kalyanayahaluwo
Ilustrasi rasa cemas

Pada kondisi tertentu seseorang bisa merasakan cemas. Penyebabnya cukup beragam. Seperti misalnya ketika mendengar berita buruk dari orang terdekatnya atau sedang menghadapi situasi sulit di hidupnya.

Rasa cemas atau anxiety adalah perasaan yang timbul ketika seseorang mempunyai rasa khawatir berlebih, tegang, takut, dan semacamnya akan sesuatu. Dalam dunia medis, rasa cemas dan gangguan kecemasan (anxiety disorder) adalah dua hal yang berbeda.

Advertisement

Menurut sejumlah penelitian, anxiety adalah kondisi yang normal dihadapi semua orang dari segala usia. Kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres dan dapat bermanfaat dalam beberapa situasi. Hal ini pun dapat mengingatkan akan bahaya dan membantu kita mempersiapkan serta memperhatikan suasana tidak nyaman yang menimpa tubuh.

Secara umum anxiety adalah salah satu gangguan psikologis yang sering terjadi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang anxiety dan anxiety disorder, simak pembahasan berikut ini.

Definisi Dari Istilah Anxiety

Menurut American Psychiatric Association, gangguan kecemasan dan rasa cemas atau anxiety adalah dua kondisi gangguan psikologis yang berbeda. Anxiety disorder merupakan sebutan lain untuk gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan dan anxiety adalah gangguan mental yang paling umum terjadi. Dari sejumlah studi yang sudah pernah dilakukan, gangguan kecemasan mempengaruhi hampir 30% orang dewasa di beberapa titik dalam hidup mereka.

Kendati demikian masalah kecemasan ini dapat diobati dan kini sejumlah perawatan efektif telah tersedia. Perawatan tersebut membantu kebanyakan orang menjalani kehidupan produktif yang normal.

Dilansir dari Healthline, anxiety adalah respons alami tubuh terhadap stres. Kondisi ini merupakan perwujudan dari perasaan takut atau khawatir tentang apa yang akan datang. Contohnya ketika seseorang mulai masuk pada hari pertama sekolah, pergi ke wawancara kerja, atau memberikan pidato. Semua aktivitas tersebut dapat menyebabkan hampir setiap orang merasa takut dan gugup.

Sementara itu, mengutip dari artikel yang dipublikasikan Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran, kecemasan atau disebut juga anxiety adalah sebuah “alarm” saat diri sedang merasa tertekan, terancam, ataupun mengalami situasi yang membuat stres dan tidak nyaman.

Secara sederhana definisi anxiety adalah rasa cemas yang dialami seseorang akibat berbagai macam hal yang menimbulkan khawatir, takut, gugup, dan sebagainya. Mengutip dari Healthline, jika perasaan cemas tersebut ekstrem, bertahan lebih dari enam bulan, dan mengganggu hidupnya, maka ada kemungkinan dia mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Penyebab dan Gejala Anxiety

Menurut Beyondblue.org.au,  sejumlah faktor ikut berperan dalam memicu munculnya rasa cemas dalam diri seseorang seperti kepribadian, pengalaman hidup yang sulit, dan kesehatan fisik. 

Lebih lanjut penyebab anxiety adalah sebagai berikut:

Riwayat Keluarga dengan Kondisi Kesehatan Mental

Faktor genetik ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya kecemasan dalam diri seseorang. Dengan begitu artinya, orang yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat dengan masalah kesehatan mental akan lebih mudah terserang rasa cemas.

Seperti disebutkan sebelumnya, anxiety adalah respons alami tubuh terhadap segala sesuatu yang dapat menimbulkan stres. Beberapa orang yang mengalami kondisi kecemasan mungkin memiliki kecenderungan genetik terhadap kecemasan dan kondisi ini terkadang dapat diturunkan dalam sebuah keluarga.

Kepribadian

Sejumlah penelitian sudah membuktikan kalau seseorang dengan kepribadian tertentu dapat dengan mudah merasa cemas. Contohnya pada orang yang kurang percaya diri. Terkadang dia akan mengalami kecemasan pada masa kanak-kanak, remaja, atau dewasa.

Peristiwa yang Muncul

Peristiwa buruk yang menimpa seseorang biasanya akan memicu munculnya rasa cemas. Sebab cemas atau anxiety adalah reaksi normal terhadap stres.

Beberapa peristiwa buruk seperti di bawah ini bisa menimbulkan anxiety:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement