Vivipar Adalah Hewan yang Beranak atau Melahirkan, Ini Penjelasannya

Image title
18 Januari 2022, 15:54
Vivipar Adalah Hewan yang Beranak atau Melahirkan, Ini Penjelasannya
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/hp.
Pawang gajah (mahout) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh memandikan gajah Sumatera jinak di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar, Aceh, Minggu (16/5/2021). BKSDA Aceh memiliki 28 gajah jinak yang tersebar di tujuh Conservation Response Unit (CRU) dan PLG Saree untuk menangani konflik gajah liar yang memasuki perkebunan serta pemukiman warga.

Dalam klasifikasi jenis hewan dibagi menjadi tiga kelompok dari cara berkembang biaknya. Tiga kelompok tersebut adalah ovipar, ovovivipar dan vivipar. Ovipar adalah cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas.

Adapun ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Contoh dari hewan yang berkembang biak dari cara ini adalah ikan par, kadal dan juga ikan guppy.

Namun dalam artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai pengertian dari hewan yang berkembang biak dengan vivipar. Secara pengertian hewan vivipar adalah kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Dalam buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A”, kelompok hewan ini akan mengalami masa kehamilan.

Selain itu hewan vivipar adalah makhluk yang mengalami proses kehamilan diawali dengan pembuahan sel jantan terhadap sel telur betina dalam tubuh induknya. Setelah itu terjadi pertumbuhan hingga akhirnya induk tersebut melahirkan dan membentuk individu baru.

Sementara itu, menurut penjelasan di “Modul Sistsem Reproduksi Manusia dan Hewan”, perkembangbiakan secara vivipar ditandai dengan betina melepaskan sel telur di dalam saluran reproduksinya. Kemudian terjadi kopulasi dan fertilasi terjadi di dalam saluran kelamin betina.

Individu yang terbentuk akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan dalam saluran reproduksi betina sampai dilahirkan.

Cara Mengenali Hewan Vivipar

Untuk mengenal lebih jauh tentang kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar, Anda bisa mengetahuinya dari beberapa ciri berikut ini:

  • Mempunyai kelenjar susu.
  • Mempunyai daun telinga.
  • Tubuh ditutupi bulu atau rambut.
  • Umumnya menyusui atau mamalia.
  • Keturunannya bisa berkembang dalam tubuh induk sebelum dilahirkan.

Contoh Hewan Vivipar

Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan ada yang hidup di air dan ada juga yang hidup di darat. Berikut contoh-contoh hewan yang termasuk vivipar.

1. Paus
Mungkin masih banyak yang mengira bahwa paus termasuk dalam kelompok ikan. Wajar saja sebab paus memang hidup di air. Namun ternyata, paus termasuk kelompok mamalia yang berkembang biak dengan cara vivipar.

2. Ikan Pesut
Kelompok ikan lainnya yang juga berkembang biak dengan cara vivipar yaitu ikan pesut. Ikan pesut disebut juga sebagai lumba-lumba air tawar yang kini statusnya mulai terancam.

3. Anjing laut
Nama hewan vivipar lainnya yang juga diketahui hidup di air yaitu anjing laut. Mamalia ini merupakan hewan karnivora yang banyak ditemukan di perairan dingin. Sama seperti mamalia lain, hewan ini juga berkembang biak dengan cara melahirkan.

4. Kucing
Hewan vivipar yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi dikehidupan manusia. Kucing merupakan mamalia lain yang juga berkembang biak dengan cara beranak. Hewan berbulu ini membutuhkan waktu kurang lebih 9 minggu untuk mengandung anaknya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...