Besaran Gaji Pramugari di Maskapai Penerbangan

Dwi Latifatul Fajri
20 Januari 2022, 10:03
Gaji Pramugari
@anneavantieheart / Instagram
Gaji Pramugari Pesawat

Jika anda menyukai traveling atau jalan-jalan, profesi pramugari bisa menjadi pilihan. Bekerja menjadi pramugari bisa membawa anda bekerja ke berbagai tempat tanpa perlu membeli tiket pesawat.

Meski begitu, tidak mudah menjadi pramugari karena harus lolos persyaratan dan latihan di sekolah. Persyaratan menjadi pramugari umumnya membutuhkan kemampuan bahasa Inggris mumpuni, tubuh proporsional, dan wajah rupawan. Bekerja menjadi pramugari juga memiliki resiko dan bertugas melayani penumpang.

Advertisement

Sekolah pramugari dibuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Anda akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan untuk menjadi pramugari dan pramugara. Profesi pramugari banyak diminati karena gajinya yang besar. Setiap maskapai penerbangan bisa memberikan besaran gaji yang berbeda untuk pramugari.

Pramugari biasanya mendapatkan gaji pokok, tunjangan, dan bonus lainnya. Gaji pramugari mencakup jumlah jam terbang, senioritas, dan bonus lainnya. Berikut informasi gaji pramugari, mengutip dari buku Sukses Menjadi Pramugari:

Gaji Pramugari Pesawat

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Garuda Indonesia termasuk maskapai terbaik di Indonesia. Penumpang mendapatkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang diberikan dari maskapai ini.

Pramugari yang bekerja di Garuda Indonesia bisa mencapai jutaan dalam sebulan. Gaji tersebut terdiri dari gaji pokok, tunjangan, fasilitas, dan bonus lainnya.

Pramugari yang bekerja di Garuda Indonesia mendapatkan uang terbang, uang makan, lembur, uang saku, tunjangan hari raya, dan tunjangan lainnya. Mengutip dari airport.id, gaji dan fasilitas untuk pramugari junior yang berada di masa pelatihan, mendapatkan gaji sekitar Rp 15 juta.

Sedangkan gaji untuk pramugari senior yang memiliki masa kerja lebih panjang dan jam terbang tinggi mendapatkan gaji lebih tinggi. Gaji pramugari senior sekitar Rp 30 juta, belum termasuk uang tunjangan dan bonus lainnya.

2. Gaji Pramugari Lion Air

Lion Air termasuk maskapai penerbangan lokal yang dikenal memiliki tarif murah. Jalur penerbangan bisa lokal maupun luar negeri. Maskapai Lion Air sendiri memiliki jam terbang di kota-kota besar di Indonesia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement