SWOT Adalah Alat Menyusun Strategi, Pahami Cara Kerjanya

Image title
20 Januari 2022, 14:02
SWOT Adalah Alat Menyusun Strategi, Pahami Cara Kerjanya
Pexels.com/Christina Morillo
Ilustrasi menyusun strategi perusahaan.

SWOT adalah suatu alat yang sering digunakan untuk menyusun strategi bisnis atau mengembangkan perusahaan. SWOT adalah akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunitites (peluang), dan Threats (ancaman).

Dengan menggunakan empat kata kunci tersebut, seseorang bisa menganalisis dan menentukan apakah suatu strategi sudah berhasil, gagal, layak untuk dicoba, atau justru sebaliknya?

Pengertian SWOT

Teknik ini digagas oleh ALbert Humphrey yang mengepalai proyek riset Universitas Stanford pada tahun 1960-an dengan menggunakan data dari perusahaan Fortune 500.

Alat analisis SWOT sering digunakan untuk merencanakan strategi, melakukan analisis situasi untuk mengidentifikasi masalah dan merancang solusi atua penyelesaian suatu masalah.

Analisis SWOT dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal SWOT

Faktor internal SWOT adalah sesuatu yang berasal dari dalam atau hal-hal yang dapat dikontrol dan dapat berubah. Faktor internal dalam SWOT yaitu Strength (kekuatan) yang dimiliki dibandingkan pesaing dan Weakness (kelemahan) yang dimiliki dibandingkan pesaing.

Adapun faktor internal tersebut, antara lain produksi, pasar, SDM, administrasi, keuangan, perencanaan, serta sarana dan prasarana.

Faktor Eksternal SWOT

Faktor eksternal SWOT adalah sesuatu yang berasal dari luar atau hal-hal yang dapat dimanfaatkan tapi tidak bisa diubah. Faktor eksternal dalam SWOT yaitu Opportunity (peluang) dan Threath (ancaman).

Peluang diartikan sebagai kondisi di luar satuan unit usaha yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung tercapainya visi misi. Sedangkan, ancaman adalah kondisi di luar satuan unit usaha yang dapat mengancam tercapainya visi misi.

Adapun contoh faktor eksternal, antara lain pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Diagram Analisis SWOT

S (Kekuatan)Sesuatu dalam diri saya/ perusahaan yang mendorong saya/ perusahaan mewujudukan situasi sekarang menjadi situasi yang diinginkan (ideal).W (Kelamahan)Sesuatu dalam diri saya/ perusahaan yang menghambat saya/ perusahaan mewujudkan situasi sekarang menjadi situasi yang diinginkan (ideal).
O (Peluang)Sesuatu di luar saya/ perusahaan yang mendorong saya/ perusahaan mewujudkan situasi sekarang menjadi situasi yang diinginkan (ideal).T (Ancaman)Sesuatu di luar saya/ perusahaan yang menghambat saya/ perusahaan mewujudkan situasi sekarang menjadi situasi yang diinginkan (ideal).

Langkah Menyusun SWOT

Terdapa empat langkah utama dalam menyusun SWOT, yaitu:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...