Ideologi adalah Gagasan, Pahami Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Image title
21 Januari 2022, 09:21
Ilustrasi Pancasila. Ideologi adalah gagasan yang disusun secara sistematis dan diyakini kebenarannya untuk diwujudkan dalam kehidupan.
Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Pancasila

Setiap negara memerlukan ideologi agar dapat berdiri dengan kokoh dan mengetahui dengan jelas arah dan tujuan yang ingin dicapai. Ideologi adalah gagasan yang disusun secara sistematis dan diyakini kebenarannya untuk diwujudkan dalam kehidupan.

Sebagai upaya pemersatu bangsa dengan keragaman suku, budaya, bahasa, dan agama. Indonesia menetapkan Pancasila sebagai ideologi negara. Ideologi Pancasila bertujuan untuk membentuk masyarakat yang adil dan makmur dalam kehidupan material dan spiritual di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Advertisement

Etimologi Ideologi

Moh. Suardi dalam Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer menjelaskan, secara etimologis, ideologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu idea dan logia. Idea berasal dari idein yang berarti "melihat". Idea juga diartikan sesuatu yang ada di dalam pikiran sebagai hasil perumusan suatu pemikiran atau rencana.

Kata logia mengandung makna 'ilmu pengetahuan atau teori', sedangkan kata "logis" berasal dari kata logos dari kata legein yang artinya "berbicara". Istilah ideologi dicetuskan oleh Antoine Destutt de Tracy (1754-1836) saat Revolusi Prancis sebagai upaya untuk mendefinisikan sains tentang ide. Secara bahasa, ideologi adalah pengucapan atau pengutaraan terhadap sesuatu yang terumus dalam pikiran.

Keampuhan suatu ideologi bergantung pada rangkaian nilai yang dikandungnya yang dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup dan kehidupan manusia, baik sebagai perseorangan maupun sebagai anggota masyarakat.

 

Pengertian Ideologi

Ideologi adalah sejumlah doktrin, kepercayaan dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau bangsa menjadi pegangan dan pedoman karya (atau perjuangan) untuk mencapai tujuan masyarakat atau bangsa. Definisi ini bersumber dari Mubyarto dalam Pancasila Sebagai Ideologi.

Suatu ideologi adalah gagasan atau jalan pikiran yang bertumpu pada suatu filsafat dan merupakan ciri khas suatu kelompok, memengaruhi kebudayaan keseluruhan kelompok atau bangsa, serta membentuk pranata sosial-politik bagi kelompok atau bangsa tersebut.

Adapun pengertian ideologi menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut.

  • Menurut Francis Bacon, pengertian ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.
  • Gunawan Setiardjo mengemukakan bahwa ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
  • Karl Marx mendefinisikan ideologi adalah kesadaran palsu karena ideologi merupakan suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemiliknya yang ditentukan oleh kepentingannya.
  • Menurut Nicollo Machiavelli, ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan memperoleh dan mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.
  • Descartes mengungkapkan, ideologi adalah inti atau pokok dari seluruh pemikiran manusia.
  • Etimologi ideologi menurut John B. Thompson dalam International Grandbook of the Studies in the Theory of Ideology, mencatat bahwa istilah ideologi, merupakan derivasi dari ideologues, yang muncul pasca Revolusi Prancis. Thompson mencatat, ideologi adalah berpikir tentang yang lain, berpikir tentang orang lain selain dirinya. Untuk menilai suatu pandangan yang bersifat ideologis, maka seseorang harus bersikap kritis karena ideologi bukan istilah yang netral.
  • Soerjanto Poespowardojo dalam Philosophy of Science mendefinisikan ideologi sebagai konsep pengetahuan dan nilai-nilai yang, secara keseluruhan, memberikan dasar bagi seseorang atau sekelompok orang untuk memahami dan menentukan bumi dan alam semesta pengaturan dasar untuk menyelesaikannya.
  • Menurut Erich Fromm dalam Revolusi Harapan, ideologi adalah gagasan-gagasan yang dirumuskan untuk konsumsi publik, memuaskan kebutuhan semua orang untuk mengangkat rasa bersalahnya dalam kepercayaan bahwa ia bertindak menurut sesuatu yang tampaknya baik atau diinginkan.
  • Frans Magnis-Suseno menjelaskan bahwa dalam arti sempit, ideologi adalah gagasan atau teori menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang akan menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak. Ideologi dalam pengertian ini disebut “ideologi tertutup”.

Ciri-Ciri Ideologi

Bersumber dari buku Pendidikan Kewarganegaraan, ciri-ciri ideologi adalah:

  • Ideologi mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.
  • Ideologi mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

Contoh Ideologi

Beberapa contoh ideologi dapat dipahami dalam penjelasan berikut.

1. Liberalisme

Liberalisme adalah ideologi yang mendasarkan diri pada kebebasan individu. Kata liberalisme berasal dari bahasa Latin liber yang berarti bebas. Sebagian ahli berpendapat bahwa kelompok liberalisme pertama kali berkembang di Barat pada abad ke 16 M.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement