Enterpreneur Adalah Wirausaha Ini Tipe dan Bedanya dengan Pengusaha

Image title
21 Januari 2022, 13:44
Enterpreneur Adalah Wirausaha Ini Tipe dan Bedanya dengan Pengusaha
Pexels.com/Fauxels
Ilustrasi enterpreneur.

Enterpreneur menjadi profesi yang banyak diimpikan kalangan muda. Kebebasan dalam berinovasi dan mengembangkan ide menjadi tawaran menggiurkan bagi sebagian orang yang ingin terjun ke dunia wirausaha.

Tapi, menjadi seorang enterprenuer tak semudah membalikan telapak tangan. Berbagai rintangan, mulai dari ketersediaan modal sampai pesaing menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang hendak memulai usaha.

Terbukti, tingkat kewirausahaan atau enterpreneursip di Indonesia masih terbilang rendah, yakni sekitar 3,47 persen dari total penduduk pada 2021.

Pengertian Enterpreneur

Enterpreneur (wirausaha) adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri. Enterpreneur juga bisa diartikan seorang yang mengaplikasikan ide-ide baru untuk memulai bisnis. Proses enterpreneur dalam mendirikan bisnisnya disebut sebagai enterpreneurship atau kewirausahaan.

Mengutip Investopedia, enterpreneur adalah individu yang menciptakan bisnis baru, siap menanggung risiko, dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungan.

Sedangkan, menurut pakar kewirausahaan, Thomas W Zimmerer, enterpreneur adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan lewat cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan.

Kendati demikian, beberapa orang menganggap enterpreneur dan pengusaha adalah hal yang sama. Nyatanya keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Beda Enterpreneur dan Pengusaha

Merujuk The Balance Small Business, enterprenuer adalah mereka yang mengembangkan perusahaan dengan mengedepankan inovasi. Seorang enterpreneur mengelola bisnis sekaligus menanggung risiko kesuksesannya.

Sementara, pengusaha diartikan sebagai mereka yang menjalankan usaha sendiri dan tidak bekerja untuk orang lain. Oleh karena itu, seorang pengusaha belum tentu enterpreneur dan seorang enterpreneur bisa dipastikan seorang pengusaha.

Pengusaha juga merujuk pada mereka yang mengikuti cara bisnis atau ide-ide yang sudah ada sebelumnya, sehingga margin risikonya cenderung lebih rendah karena dapat mempertimbangkan dan membuat perhitungan dengan mengacu pada ide yang sudah pernah dicoba sebelumnya.

Melihat pengertian enterpreneur dan pengusaha, ada beberapa perbedaan yang dapat dijabarkan, berdasarkan:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...