APBN Adalah Rancangan Keuangan Negara, Pahami Struktur dan Fungsinya

Image title
25 Januari 2022, 12:09
APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh DPR.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh DPR.

Akronim APBN barangkali sudah menjadi istilah yang lazim bagi sebagian besar orang Indonesia. Kata ini sering dilontarkan atau digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan urusan pemerintahan dan keuangan negara.

Pengertian APBN

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau disingkat APBN adalah rincian daftar yang dibuat secara sistematis berisi rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun periode anggaran.

Advertisement

Berdasarkan sumber.belajar.kemdikbud.go.id, APBN bertujuan mengatur pendapatan dan pengeluaran negara. Hal tersebut penting agar peningkatan produksi, kesempatan kerja, serta peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

Tujuan penyusunan APBN adalah sebagai pedoman pendapatan dan pembelanjaan negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat.

Landasan Hukum APBN

Adapun landasan hukum APBN termaktub dalam UUD 1945 pasal 23 ayat 1 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang ditetapkan setiap tahun.

Dalam pasal tersebut, dinyatakan bahwa “Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat".

Selain itu, ada pula Undang-Undang No. 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, Pasal 1 ayat 7 Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara disingkat APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh DPR.

Dalam undang-undang ini juga dijelaskan bahwa, sebelum disahkan, APBN bernama Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN).

RAPBN akan dibahas bersama DPR dan perwakilan pemerintah. Prosesnya cukup memakan banyak waktu dan melibatkan banyak pihak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement