Pengertian Interpretasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
25 Januari 2022, 13:43
Interpretasi
Unsplash/J. Kelly Brito
Contoh Interpretasi

Kata interpretasi sering muncul dalam bahasa Indonesia. Apa arti interpretasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interpretasi adalah pemberian kesan, tafsiran, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

Secara umum hermeneutika menjelaskan tentang teori atau filsafat tentang interpretasi makna. Kata Hermeneutika sendiri berasal dari kata kerja Yunani yaitu hermeneuein, artinya menafsirkan, menginterpretasikan, atau menerjemahkan.

Interpretasi masuk ke dalam struktur teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum tentang topik yang dijelaskan, urutan proses kejadian, dan interpretasi berisi kesimpulan dari topik yang dijelaskan. Teks interpretasi biasanya berada di akhir paragraf. Teks ini menjelaskan intisari, pandangan, dan kesimpulan dari topik kalimat eksplanasi.

Pengertian Interpretasi

Interpretasi adalah penafsiran tentang sesuatu hal yang berhubungan dengan pemahaman. Seseorang bisa memahami tentang interpretasi ini. Berikut pengertian interpretasi menurut para ahl, mengutip dari buku Teori Interpretasi Paul Ricoeur karya Masykur Wahida:

1. Ricoeur

Interpretasi adalah proses berpikir teratur dalam menemukan makna yang tersembunyi pada makna yang muncul dalam sebuah lipatan taraf. Lipatan ini berada pada makna literal. Simbol dan makna menurut Ricoeur saling korelatif sifat nya dan memiliki banyak makna.

2. Sumaryono

Interpretasi merupakan usaha untuk membongkar makna-makna yang masih terselubung atau sebuah usaha untuk membuka lipatan dari tingkat-tingkat makan yang terkandung di dalam kesustraan.

3. Gracia

Interpretasi menurut Gracia terdiri dari tiga cara pokok. Pertama interpretasi pada dasarnya sama dengan pemahaman akan pemaknaan teks.

Kedua interpretasi bisa menunjukkan sebuah proses seseorang mengembangkan pemahaman pada teks. Ketiga interpretasi dipakai untuk merujuk kajian tentang teks.

Contoh Interpretasi

Interpretasi berada di dalam kalimat teks eksplanasi yang berada di bagian akhir paragraf (penutup). Teks interpretasi berisi kesimpulan dari suatu fenomena dan hubungan sebab akibat yang berada di kalimat sebelumnya.

Interpretasi dibutuhkan supaya pembaca bisa memahami kalimat yang ditulis oleh penulis. Di dalam teks eksplanasi, penulis bisa memberikan tanggapan atau pernyataan yang berhubungan dengan fenomena yang terjadi.

Berikut contoh interpretasi dalam kalimat teks eksplanasi:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...