Spoiler Adalah Membeberkan Isi Cerita, Ini Dampak dan Sanksinya

Image title
25 Januari 2022, 14:10
Spoiler Adalah Membeberkan Isi Cerita, Ini Dampak dan Sanksinya
Pexels.com/Henry & Co.
Poster film di bioskop.

Kata spoiler sering kita dengar ketika suatu karya, baik berupa novel, manga, anime, film, acara TV dan sebagainya belum lama muncul atau tayang. Istilah tersebut sering diartikan sebagai tindakan membocorkan isi cerita yang sering kali mengurangi kenyamanan seseorang ketika menikmati suatu karya.

Pengertian Spoiler

Secara bahasa, kata ‘spoiler’ berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘bocoran’. Kata ini biasa disematkan pada mereka yang suka menceritakan jalan cerita dari suatu karya yang baru muncul dan banyak dinantikan.

Berdasarkan Kamus Cambridge, spoiler adalah informasi yang dapat merusak kesenangan. Selain itu, spoiler bisa diartikan sebagai informasi dalam artikel surat kabar, blog, dan sebagainya yang memberi tahu apa yang akan terjadi dalam sebuah program, sehingga merusak kesenangan penonton atau pembaca baru.

Oleh karena itu, dalam suatu artikel atau ulasan yang mengandung spoiler, sering menuliskan "spoiler alert" atau "peringatan spoiler" di awal tulisan agar pembaca tahu bahwa isi artikel atau ulasan tersebut akan membocorkan isi suatu karya, sehingga pembaca bisa menyiapkan diri dan memutuskan apakah akan terus membaca atau tidak.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa spoiler adalah membocorkan isi cerita kepada orang lain.

Penyebaran Spoiler

Di era informasi saat ini spoiler bisa dilakukan kapan saja dan melalui berbagai platform. Perkembangan media sosial sering digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan, misalnya potongan-potongan adegan atau salah satu halaman pada komik dan novel.

Di samping itu, spoiler juga rentan terjadi pada artikel-artikel yang membahas suatu karya. Karena itu, diperlukan kehati-hatian penulis, reviewer atau kritikus ketika mengulas film atau novel agar tidak memberikan terlalu banyak spoiler.

Dampak Spoiler

Spoiler kerap terjadi dalam sebuah candaan atau obrolan santai tentang suatu karya. Sering kali seseorang baik secara sengaja maupun tidak menceritkan isi sebuah cerita hingga berujung spoiler.

Walaupun sering dianggap sepele, spoiler bisa berdampak buruk pada penerima bocoran cerita. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kesenangan ketika membaca atau menonton sebuah karya. Bahkan, tak jarang seseorang membatalkan niatnya untuk menikmati suatu karya karena sudah telanjur menerima terlalu banyak bocoran cerita.

Sanksi untuk "Tukang Spoiler"

Spoiler adalah salah satu jenis pembajakan karya. Secara hukum, spoiler bisa mendapat ancaman penjara maupun denda.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement