Afiliasi Adalah Pola Bisnis yang Fleksibel, Ini Penjelasannya

Image title
25 Januari 2022, 15:44
Afiliasi Adalah Pola Bisnis yang Fleksibel, Ini Penjelasannya
ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.
Seorang pegawai minimarket memasang tanda khusus dan menutup rak dengan plastik bagi produk-produk yang dinilai berafiliasi dengan Prancis agar tidak dibeli konsumen di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (5/11/2020). Hal itu sebagai bentuk boikot dan protes terhadap pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait gambar Nabi Muhammad SAW dan agama Islam.

Dalam percakapan tentang ekonomi, istilah afiliasi cukup sering didengungkan. Hal ini dikarenakan dengan pemaknaannya yang rekat cara bisnis paling mutakhir saat ini yang banyak menggunakan sistem digital dan teknologi. Oleh karenanya penting bagi para pengusaha apabila mereka ingin melakukan ekspansi bisnis dan meningkatkan penjualan, pemahaman di bidang ini tentu dibutuhkan.

Tidak hanya penting untuk dipahami para pengusaha, istilah afiliasi juga penting untuk dipelajari jika Anda ingin berkecimpung di dunia marketing, mengerti apa itu afiliasi beserta program dan contohnya adalah kunci sukses meraup pundi-pundi rupiah.

Penjelasan Singkat Tentang Afiliasi

Mengutip situs resmi Bank OCBCNISP, www.ocbcnisp.com, pengertian afiliasi adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi, agar mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan bersama.

Dalam makna lain yang dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti afiliasi adalah hubungan antara anggota maupun cabang. Misalnya, bentuk kerja sama perusahaan di Indonesia dengan perusahaan asing di luar negeri.

Adapun bisnis afiliasi adalah bentuk kerjasama antara individu dan suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar melalui strategi marketing dengan menambahkan tautan atau promosi di situs sosial media maupun blog Anda.

Dapat disimpulkan secara sederhana, bisnis afiliasi adalah trik untuk meraih uang melalui penjualan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Anda dapat bergabung menjadi affiliate marketers dan akan diberikan gaji setelah produk tersebut terjual.

Dalam kosakata pasar modal, istilah afiliasi memili kaitan erat dalam pola komunikasi antara pemilik saham utama dengan perusahaan, serta hubungan perusahaan bersama seluruh pihak yang mengontrol kegiatan usaha secara langsung maupun tidak langsung.

Pola Kerja Afiliasi

Pada umumnya, cara kerja dari program afiliasi memiliki kemiripan dengan sistem broker. Hal itu dapat diartikan bahwa afiliasi adalah proses pelaksanaan perdagangan yang tidak harus memiliki produk barang atau jasa terlebih dahulu untuk menjualnya. Antara lain:

1. Daftar Program Afiliasi

Petunjuk pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai afiliasi adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website perusahaan. Anda akan mendapatkan kode referral unik dan berbeda pada masing-masing orang. Kode ini digunakan sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk dari afiliator tersebut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...