Fundamental Adalah Prinsip Dasar, Begini Penjelasannya

Image title
26 Januari 2022, 15:07
Fundamental Adalah Prinsip Dasar, Begini Penjelasannya
123RF

Sebuah prinsip mendasar yang dimiliki seseorang sangat berperan besar dalam menentukan pola pikirnya. Hal ini bisa kita sebut sebagai salah satu ciri dari fundamental. Kata fundamental adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan kebenaran umum atau dasar realitas. Artinya, istilah tersebut menggambarkan sebuah hal pokok yang menjadi landasan.

Fundamental adalah kata yang sering ditemukan dalam bidang ekonomi dan sosiologi. Sehingga kata tersebut memiliki beberapa definisi sesuai dengan dimana kata ini ditempatkan.

Advertisement

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang makna kata fundamental baik secara umum maupun dari tinjauan sosiologi dan ekonomi, maka simak artikel ini hingga tuntas. Berikut rangkuman pembahasan tentang istilah fundamental.

Makna Kata “Fundamental”

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang pastinya memiliki sebuah prinsip. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prinsip adalah asas atau kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya.

Sebuah prinsip sangat erat kaitannya dengan kata fundamental. Masih merujuk dari KBBI, fundamental adalah kata yang bersifat dasar (pokok) dan sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu hal yang ada dalam kehidupan manusia.

Dalam bahasa Inggris kata fundamental juga memiliki arti yang serupa. Menurut Cambridge Dictionary, fundamental adalah sesuatu hal yang paling mendasar atau paling penting di mana hal-hal lain bergantung padanya. Dari penjelasan tersebut, maka bisa dilihat bahwa prinsip dan kata fundamental sangat berkaitan erat.

Fundamental adalah prinsip mendasar yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan sesuatu. Contohnya seperti pada prinsip dasar Palang Merah atau Red Cross. Mengutip dari Redcross.org, setidaknya ada 7 prinsip dasar Palang Merah yang menjadi acuan untuk mereka melakukan kegiatan dan bertindak. Prinsip tersebut meliputi kemanusiaan, ketidakberpihakan, kenetralan, kemerdekaan, layanan sukarela, persatuan, serta keuniversalan.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan kalau makna kata fundamental adalah sesuatu hal yang menjadi prinsip yang sangat mendasar. Prinsip tersebut dijadikan acuan atas semua tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang, sebuah kelompok, dan sebuah organisasi atau perusahaan.

Istilah Fundamental dalam Kehidupan Sosial

Dalam sosiologi maupun psikologi, fundamental adalah sesuatu yang berkaitan pada prinsip-prinsip mendasar dalam kehidupan sosial. Istilah ini juga sering dikaitkan pada norma-norma sosial yang berlaku.

Fundamental adalah istilah yang bersifat dasar atau pokok pikiran. Ideologi sebuah negara hingga aturan perundang-undangan di dalamnya termasuk ke dalam prinsip fundamental.

Menurut sejumlah literatur faktor psikologi sangat mempengaruhi seseorang untuk menentukan prinsip hidup yang fundamental. Ini juga menyangkut tentang kepribadian dan lingkungan tempat tinggalnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement