Fauna Adalah Hewan, Pahami Jenis dan Klasifikasinya

Image title
26 Januari 2022, 15:58
Fauna adalah segala jenis hewan yang hidup di dunia.
pixabay.com/NickyPe
Fauna adalah segala jenis hewan yang hidup di dunia.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keragamanan hayati yang menakjubkan dibandingkan negara lain. Berdasarkan penjelasan di jurnal “Buana Sains 10(2)”, Indonesia memiliki 10% dari spesies bunga di dunia, 12% dari spesies mamalia di bumi, 16%  dari seluruh spesies reptil dan amfibi, 17% dari seluruh spesies burung, dan 25% dari seluruh spesies ikan.

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam terkait fauna dan persebarannya di Indonesia.

Advertisement

Pengertian Fauna

Secara sederhana, fauna adalah hewan. Sedangkan pengertian secara umum adalah segala jenis hewan yang hidup di dunia.

Kata fauna berasal dari bahasa latin. Kata tersebut memiliki arti ‘alam hewan’. Di dalam mitologi Romawi, fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus. Hal itu berarti bahwa sebagai roh yang baik hutan dan daratan.

Jenis-jenis Fauna di Indonesia

Jenis fauna di Indonesia sangat banyak dan kehidupannya dipengaruhi oleh keadaan tumbuh-tumbuhan dan iklim daerahnya. Indonesia terletak di daerah tropis yang merupakan salah satu sasaran migrasi satwa dari belahan bumi utara dan selatan.

Mengutip buku "Biologi untuk SMA/MA Kelas X Semester 2" oleh Budi Lenggono dan Hanifah T, persebaran mahluk hidup di Indonesia terletak di antara zona Oriental, zona Autralasia, dan zona Peralihan.

Zona Oriental (Wilayah Barat Indonesia)

Jenis-jenis hewan pada zona ini memiliki kemiripan dengan jenis hewan di Benua Asia yang terdiri atas banyak spesies mamalia berukuran besar, seperti gajah, banteng, badak, serta harimau dan terdapat berbagai jenis kera, seperti orang utan, bekantan, tarsius, dan loris hantu.

Zona Australasia (Wilayah Timur Indonesia)

Zona ini meliputi wilayah timur Indonesia, yaitu Maluku dan Papua. Jenis-jenis hewannya memiliki kemiripan dengan jenis hewan di Benua Australia, yaitu mamalia berukuran kecil atau hewan berkantung, seperti kuskus, bandicot, oposum, dan kanguru jenis berkantung dan musang berkantung di Maluku bagian timur dan Papua.

Jenis burungnya memiliki beragam warna seperti burung cendrawasih yang terdapat banyak di Papua dan sedikit di Maluku. Daerah di wilayah Indonesia Timur dikenal sebagai dunia burung. Ada 28 jenis burung berbulu, di antaranya burung cendrawasih, kakatua berjambul, dan kasuari.

Zona Peralihan (Wilayah Tengah Indonesia)

Zona ini meliputi wilayah tengah Indonesia, yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Pada wilayah ini terdapat hewan oposum yang lebih mirip dengan hewan dari zona Australasia. Selain itu, Di Indonesia bagian tengah terdapat hewan khas Indonesia misalnya anoa di Sulawesi, babirusa dengan taring panjang dan melengkung di Sulawesi dan Maluku bagian barat, biawak komodo sisa fauna purba di Pulau Komodo, burung maleo di Sulawesi dan Kepulauan Sangihe.

Klasifikasi Fauna

Animalia atau hewan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu vertebrata (bertulang belakang) dan invertebrata (tidak memiliki tulang belakang).

Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang atau tulang punggung. Berdasarkan karakteristiknya, vertebrata digolongkan menjadi beberapa kelompok, yakni:

  • Pisces (ikan)

Hewan yang hidup di air, bernapas dengan insang, bergerak dengan insang, dan berkembang biak dengan cara bertelur.

  • Amphibia (amfibi)

Hewan yang hidup di darat dan air, berdarah dingin, dan bernafas dengan paru-paru.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement