Interval Adalah Masa Antara Dua Kejadian Berkaitan, Ini Penjelasannya

Image title
27 Januari 2022, 10:58
Ilustrasi interval dalam rumus kecepatan, jarak, waktu, dan kecepatan rata-rata dalam fisika. Interval adalah perhitungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang didasarkan pada cabang ilmu yang berbeda yaitu musik, matematika, dan olahraga.
Katadata
Ilustrasi interval dalam rumus kecepatan, jarak, waktu, dan kecepatan rata-rata dalam fisika

Interval menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam ilmu fisika, matematika, hingga musik. Secara makna interval adalah yang memiliki kaitan dengan jarak. Selain itu interval adalah tingkat statistik pengukuran.

Dalam kehidupan, contoh yang nyata dalam intreval adalah waktu. Hal itu diinterpretasikan pada sebuah jam memecah waktu menjadi interval detik, menit, dan jam. Interval adalah perhitungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sinonim dari interval adalah pemisahan, jarak, atau selang. Istilah interval memiliki kaitan dengan ruang antara hal-hal. Ini seperti ruang kosong yang berada di antara dua objek apa pun.

Penjelasan Singkat Mengenai Interval

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interval adalah masa antara dua kejadian yang bertalian. Ada 3 definisi lain interval menurut KBBI. Definis ini didasarkan pada cabang ilmu yang berbeda yaitu musik, matematika, dan olahraga.

Apabila dalam penerapan musik, interval adalah sebuah perbedaan ketinggian antara dua nada. Pada matematika, interval adalah jarak yang terletak antara dua nilai yang diketahui. Sementara pada olahraga, interval adalah jangka waktu untuk istirahat antara dua latihan yang berkaitan.

Dikutip dari Kamus Merriam-Webster, interval adalah jumlah ruang atau waktu di antaranya. Menurut Cambrdige Dictonary, interval adalah sebuah periode antara dua peristiwa. Ini juga bisa berarti ruang antara dua poin.

Tidak hanya dari kamus bahasa, interval juga memiliki beberapa makna. Makna pertama, interval adalah ukuran yang berbeda dari waktu atau jarak fisik atau temporal antara dua hal. Interval berarti jangka waktu tertentu yang ditandai oleh dua saat. Secara singkat, interval adalah karal antara benda. Interval dapat didefinisikan sebagai waktu antara dua peristiwa.

Dalam praktik nyatanya, interval dapat diterapkan dalam proses kegiatan sehari-hari. Seperti pada saat sedang berjalan kaki dari rumah ke sekolah. Kamu berjalan terus menerus dan mencapai sekolah dalam 10 menit. Sekarang, sambil berjalan pulang, kamu lelah dan memutuskan untuk duduk selama 2 menit. Kamu berhenti selama 2 menit dan kemudian mulai berjalan lagi menuju rumah. Jadi, bisa dikatakan kamu mengambil interval waktu 2 menit saat berjalan pulang.

Interval Dalam Waktu

Dalam ilmu fisika, interval adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan jarak ruang dan waktu. Interval waktu adalah jumlah waktu antara dua titik tertentu dalam waktu. Contohnya adalah: "Interval waktu antara jam tiga dan jam empat adalah satu jam."

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...