Workshop Adalah Lokakarya, Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Image title
28 Januari 2022, 14:05
Workshop Adalah Lokakarya, Berikut Pengertian dan Manfaatnya
ANTARA FOTO/Maulana Surya/wsj.
Peserta berlatih menari bersama saat mengikuti Workshop Koreografi dan Tari Dwi Putri di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). Acara yang digelar secara mandiri oleh Forum Silaturahmi Sanggar Tari (FSST) Jawa Tengah tersebut diikuti 100 peserta dari seniman dan guru tari perwakilan sanggar tari di Jawa Tengah.

Pernahkah Anda mengikuti workshop saat masih di bangku sekolah, kuliah atau ketika kerja? Pada umumnya kegiatan workshop cukup mudah ditemukan di lingkungan pendidikan tinggi. Workshop bisa dijadikan sebagai ruang untuk meningkatkan kemampuan, skill, dan potensi yang dimiliki mahasiswa.

Tema yang jadi pembahasan dalam workshop juga sangat beragam dan umumnya memiliki kaitan dengan perkuliahan dan akademik. Di luar dunia pendidikan, workshop cukup sering diadakan oleh organisasi atau komunitas. Topiknya pun beragam seperti blogging, fotografi, dekorasi, menulis, atau membuat produk kerjainan tangan.

Penjelasan Singkat Tentang Workshop

Sebagaimana dikutip dari situs penerbit buku, penerbitbukudeepublish.com, workshop adalah tempat kerja atau disebut juga bengkel. Begitulah arti dari workshop secara singkat dan sederhana.

Lalu mengapa disebut bengkel? Karena pada mulanya workshop adalah tempat para tenaga kerja untuk melakukan pekerjaan teknis sesuai dengan bidang pekerjaan. Nah, ternyata istilah ini muncul saat revolusi industri. Jadi sejak era tersebut, workshop dikenal banyak orang dan dipakai untuk menjelaskan tempat kerja atau bengkel.

Makna workshop juga ikut berkembang seusai revolusi industri. Collins Dictionary mencatat arti workshop adalah diskusi atau kerja praktek mengenai subyek tertentu yang dilakukan oleh sekelompok orang. Mereka membagikan pengetahuan dan pengalaman masing-masing.

Selain itu terdapat pengertian mengenai arti workshop yang dikutip dari pendapat Kuswana. Pengertian ini menyebut bahwa workshop adalah sebuah tempat atau bangunan yang berisi perkakas, alat, atau mesin. Digunakan untuk memperbaiki sesuatu yang terbuat dari metal atau kayu.

Meski sekilas terdapat perbedaan antara keduanya namun ada benang merah yang terhubung antara dua makna itu. Pengertian pertama tidak salah karena memang workshop bisa berarti bengkel. Hanya saja pengertian workshop juga disesuaikan dengan konteks. Workshop dapat didefinisikan sebagai lokakarya.

Perbedaan Workshop dan Seminar

Meski terlihat serupa, namun antara workshop memiliki perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya, berikut perbedaannya:

1. Pelaksanaan workshop dilakukan secara dua arah sedangkan seminar proses komunikasi hanya satu arah.
2. Peserta menerima materi berupa teori dan diiringi dengan praktik, sedangkan seminar hanya mendengarkan materi ceramah dari pembicara.
3. Durasi waktu workshop bisa sampai berhari-hari sedangkan seminar umumnya hanya beberapa jam.
4. Peserta workshop diberikan batasan dengan alasan efektivitas sedangkan seminar pesertanya lebih besar.
5. Keaktifan peserta workshop lebih besar dibandingkan saat seminar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...