Data Adalah Keterangan Nyata, Pahami Jenis dan Cara Pengumpulannya

Image title
28 Januari 2022, 13:20
Data adalah keterangan yang benar dan nyata.
Pexels.com/Lukas
Data adalah keterangan yang benar dan nyata.

Data adalah sesuatu yang sering digunakan untuk membuktikan atau memvalidasi suatu pemikiran atau gagasan dari seseorang. Data bisa digunakan untuk menudukung ataupun membantah suatu pernyataan atau ide.

Pengertian Data

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata, keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).

Secara umum, data dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi atau keterangan dari suatu hal yang diperoleh lewat pengamatan atau pencarian sumber-sumber kredibel. Data yang diperoleh tapi belum diolah lebih lanjut dapat menjadi sebuah fakta atau anggapan.

Jenis Data

Dalam suatu penelitian terdapat dua jenis data yang umum digunakan, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.

Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang disajikan dan bentuk verbal (lisan atau kata), bukan dalam bentuk angka. Jenis data ini tidak bisa diukur besar-kecinya dan biasanya diperoleh lewat kegiatan, seperti pengamatan, diskusi, wawancara, dan sebagainya.

Data kualitatif disampaikan melalui penjabaran kata secara deskriptif. Oleh karena itu, jenis data ini juga disebut data naratif.

Adapun kelebihan dari data kualitatif ialah mampu menjabarkan  atau menggamabrkan objek secara lebih detail. Walau demikian, penggambaran tersebut bisa menimbulkan sifat relatif yang dapat dipengaruhi oleh sukbjektivitas penelitian.

Data Kuantitatif

Menurut Sugiyono (2010), data kuantitatif adalah jenis data yang dapat diukur dan dihitung secara langsung, yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka.

Data ini dapat diukur besar-kecilnya atau jumlahnya dan bersifat lebih objektif, sehingga dapat ditafsirkan dan dipahami oleh setiap orang. Pengolahan data ini dilakukan dengan teknik perhitungan matematika atau statistika.

Data jenis ini bersifat mutlak karena langsung ditujukan dengan angka, sehingga sangat bergantung pada akurasi. Adapun contoh data kuantitatif, seperti berat dan tinggi badan, suhu, jumlah penghasilan, dan sebagainya.

Mengutip Deepublish, perbedaan dari kedua jenis data tersebut dapat dilihat dari:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...