Reduksi Adalah Penambahan Elektron Molekul Ion, Ini Penjelasannya

Image title
31 Januari 2022, 13:02
Reduksi Adalah Penambahan Elektron Molekul Ion, Ini Penjelasannya
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperlihatkan cara kerja prototipe Mobil Hidrogen atau Feul Cell yang memiliki sistem reduksi dan hasil penelitiannya di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (14/12/2020). Mobil Hidrogen atau Feul Cell karya LIPI ini nantinya diharapkan menjadi energi terbarukan yang akan hadir di Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah Anda memperhatikan fenomena-fenomena yang nampaknya sederhana, namun memiliki makna yang sangat dalam tanpa disadari. Misalnya, proses fotosintesis pada tumbuhan, pengkaratan besi, pembakaran kertas dan logam, proses respirasi yang terjadi pada tubuh kita, dan masih banyak lagi. Itu semua nggak terlepas dari yang namanya reaksi kimia.

Ternyata proses-proses perubahan itu memiliki arti reduksi. Reduksi adalah salah satu reaksi kimia yang perlu dipahami. Reduksi tentunya tidak dapat dipisahkan dengan oksidasi. Keduanya membentuk reaksi redoks (reduksi-oksidasi) yaitu reaksi pelepasan dan pengikatan oksigen.

Advertisement

Apabila diulas secara makna, reduksi berasal dari dua kata yaitu redoks dan oksidasi. Secara makna dapat diartikan bahwa redoks adalah istilah yang menjelaskan berubahnya bilangan oksidasi (keadaan oksidasi) atom-atom dalam sebuah reaksi kimia.

Hal tersebut dapat diartikan bahwa proses redoks yang sederhana seperti reduksi karbon oleh hidrogen menghasilkan metana (CH4) atau oksidasi karbon yang menghasilkan karbon dioksida. Reaksi redoks juga dapat berupa proses yang kompleks seperti oksidasi gula pada tubuh manusia melalui rentetan transfer elektron yang rumit.

Secara mendetail, reduksi dan oksidasi merujuk pada perubahan bilangan oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Sehingga reduksi lebih baik didefinisikan sebagai penurunan bilangan oksidasi, sedangkan oksidasi adalah peningkatan bilangan oksidasi.

Pengertian Reduksi

Secara makna reduksi adalah suatu istilah yang perlu Anda pahami dalam mempelajari ilmu kimia. Reduksi adalah penambahan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion. Hal ini berbeda dengan oksidasi, yang merupakan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion.

Antara oksidasi dan reduksi adalah perubahan bilangan yang merujuk pada oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Sehingga oksidasi lebih baik didefinisikan sebagai peningkatan bilangan oksidasi, dan reduksi adalah penurunan bilangan oksidasi. Reaksi seperti ini melibatkan transfer elektron.

Oleh karenanya, berdasarkan perpindahan (transfer) elektron, reaksi reduksi adalah reaksi penangkapan elektron, sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron.

Di sisi lain, transfer elektron akan selalu mengubah bilangan oksidasi, namun terdapat banyak reaksi yang diklasifikasikan sebagai "redoks" walaupun tidak ada transfer elektron dalam reaksi tersebut (misalnya yang melibatkan ikatan kovalen). Reaksi non-redoks yang tidak melibatkan perubahan muatan formal (formal charge) dikenal sebagai reaksi metatesis.

Konsep Redoks

Proses reaksi kimia yang mengikutsertakan reaksi redoks (reduksi-oksidasi) kerap dipergunakan dalam analisa titrimetrik daripada reaksi asam-basa, pembentukan kompleks, ataupun pengendapan. Ion-ion dari berbagai unsur hadir dalam wujud oksidasi yang berbeda-beda, mengakibatkan timbulnya begitu banyak kemungkinan reaksi reduksi-oksidasi (redoks).

Teori Klasik Reduksi

Teri klasik menjelaskan bahwa reduksi adalah proses kehilangan oksigen dan penangkapan hidrogen. Tidak hanya itu, oksidasi adalah proses penangkapan oksigen dan kehilangan hidrogen.

Teori Modern Reduksi

Konsep redoks mengalami perkembangan dengan dilakukannya berbagai percobaan, sehingga memunculkan teori modern. Teori ini menyatakan bahwa reduksi adalah proses yang menyebabkan diperolehnya satu atau lebih elektron oleh suatu zat. Zat yang mengalami reduksi akan menjadi lebih negatif.

Di sisi lain, oksidasi adalah proses yang menyebabkan hilangnya satu atau lebih elektron dari dalam zat. Zat yang mengalami oksidasi menjadi lebih positif. Dari teori tersebut, proses reduksi dan oksidasi tidak hanya dilihat dari penangkapan oksigen dan hidrogen, melainkan sebagai proses perpindahan elektron dari zat yang satu ke zat yang lain.

Contoh Reaksi Redoks

Berikut contoh reaksi redoks yang merupakan gabungan antara hidrogen dan fluorin:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement