Seni Kriya Adalah Kegiatan Kreatif Benda, Begini Penjelasannya

Image title
31 Januari 2022, 12:56
Seni Kriya Adalah Kegiatan Kreatif Kepada Benda, Ini Penjelasannya
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah pengunjung memilih menu yang disajikan di salah satu gerai kuliner di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jumat, (8/10/2021). Selain menjadi tempat berdiskusi, Pos Bloc juga akan mewadahi beberapa sektor usaha kreatif. Tidak hanya pertunjukan musik, tetapi juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner, film, fesyen, dan seni kriya. Seni kriya adalah suatu kegiatan kreatif untuk membuahkan benda atau objek.

Indonesia dikenal sebagai negara yang penuh seni, tradisi, dan budaya. Salah satu karya seni yang cukup populer adalah seni kriya. Seni kriya adalah salah satu cabang seni rupa yang menghasilkan benda kerajinan (craft) yang bernilai seni dan membutuhkan keahlian tangan (craftsmanship) yang tinggi untuk membuatnya.

Seni kriya memiliki pengaruh terhadap benda seni seperti: Ukiran hias kayu atau batu, Topeng, Berbagai hiasan meja, Anyaman, Guci, Mainan, Kain Songket, dan lain sebagainya. Oleh karenanya seni kriya juga disebut bentuk kerajinan tangan yang ikut berpengaruh terhadap ekonomi warga.

Arti Seni Kriya Secara Etimologi

Meski kosakata seni kriya cukup sering dilafalkan dan didiskusikan di kalangan masyarakat, namun tidak banyak yang tahu asal frasa itu. Dikutip dari laman situs serupa.id, bahwa seni kriya adalah dari dari akar kata “krya” dalam bahasa Sansekerta yang bermakna “mengerjakan”. Kemudian akar kata tersebut berkembang menjadi kata: karya, kriya, kerja.

Secara etimologi dapat disimpulkan bahwa kriya berarti suatu kegiatan kreatif untuk membuahkan benda atau objek. Selain itu hasil benda dari kegiatan kreatifnya sendiri juga dapat disebut seni kriya.

Makna Kriya dari Kamus Bahasa Indonesia

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa seni kriya adalah suatu seni yang dikerjakan tangan. Di sisi lain dalam Bahasa Inggris bahwa seni kriya adalah craft yang berarti: suatu kegiatan yang melibatkan keterampilan dalam membuat sesuatu dengan tangan (handmade). Maka dapat disimpulkan bahwa secara makna kata, kriya berarti kegiatan kerajinan tangan untuk membuat sesuatu.

Di era saat ini, seni kriya adalah salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai guna. Hal ini terjadi karena perkembangan zaman menuntut segala hal untuk dapat diproduksi dengan cepat dan terjual dalam jumlah yang banyak.

Meski demikian, sejatinya seni kriya juga dapat menjadi media seni murni yang berarti tidak bernilai guna atau tidak memilik fungsi. Pada masa lalu kriya adalah karya seni adiluhung yang memiliki nilai tradisi tinggi.

Penjelasan Para Ahli Mengenai Seni Kriya

Berikut definisi kriya yang dihimpun dari pengertian para ahli:

Timbul Haryono

Menurut Timbul Haryono, bahwa seni kriya adalah salah satu cabang seni yang menekankan pada ketrampilan tangan yang tinggi dalam proses pengerjaannya. Dalam arti khusus, kriya adalah mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau obyek yang bernilai seni.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...