10 Mall Terbesar di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
7 Februari 2022, 08:46
Mall Terbesar di Indonesia
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Daftar Mall Terbesar di Indonesia

Kota-kota besar menyediakan mal atau pusat perbelanjaan yang besar. Di dalam mal anda bisa berkeliling untuk belanja kebutuhan, menonton, bermain, dan aktivitas menarik lainnya.

Mal menyediakan fasilitas menarik untuk pengunjung yang hadir. Indonesia memiliki mal besar dan hiburan yang menarik untuk pengunjung. Contoh mal mewah di Indonesia yaitu Grand Indonesia, Lashtique Paris van Java,Centre Point Mall, Ciputra World Mall Surabaya, dan Summarecon Kelapa Gading.

Advertisement

Sementara itu mall terbesar di Indonesia berada di Surabaya. Pakuwon mall adalah mall terbesar di Surabaya dan Indonesia. Mall ini terletak di Surabaya Barat yang terdiri dari 6 lantai.

Urutan Mall Terbesar Di Indonesia

Berikut daftar 10 mall terbesar di Indonesia mengutip dari berbagai sumber:

1. Pakuwon Mall, Surabaya

Pakuwon Mall masuk urutan pertama mall terbesar di Indonesia. Mall ini dibuka untuk umum tahun 2003. Luas lantai mencapai 200.000 meter persegi.

Pakuwon mal terdiri dari 3 lantai yang memiliki luas bangunan 90.000 meter persegi. Sedangkan atrium dasar seluas 1.200 meter persegi.

Mal ini memiliki 3 lantai basement, 6 lantai Pakuwon Mall, dan 1 lantai exhibition hall. Selain pusat perbelanjaan, mal ini dipakai untuk acara pameran, promosi, pertemuan, dan pernikahan.

2. Tunjungan Plaza, Surabaya

Tunjungan Plaza (TP) adalah pusat perbelanjaan terbesar kedua di Indonesia. Mal ini memiliki 6 bangunan utama yang saling terhubung. Total luas pertokoan sekitar 150.000 meter persegi.

Tunjungan Plaza memiliki lantai yang berbeda. Di TP 1 ada 7 lantai, TP 2 ada 15 lantai, TP 3 dan 4 ada 9 lantai, sedangkan TP 5 dan 6 ada 52 lantai.

TP pertama kali dibangun tahun 1986, sementara TP 6 dibagun tahun 2017. Tunjungan Palaza dipakai berbagai pusat kebutuhan seperti toko pakaian, bioskop, makanan, dan masih banyak lagi.

3. Summarecon Kelapa Gading, Jakarta

Summarecon Kelapa Gading dibangun tahun 1975. Kemudian mal mengalami perluasan dan perubahan bangunan. Summarecon Kelapa Gading memiliki luas 150.000 meter persegi, di Jakarta Utara. Mal Kelapa Gading menjadi kompleks perbelanjaan dan bisnis.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement