Mengenal Jenis-Jenis Pengangguran dan Penyebabnya

Dwi Latifatul Fajri
17 Februari 2022, 11:45
Mengenal Jenis-Jenis Pengangguran dan Penyebabnya
Pexels.com/Ron Lach
Dampak Pengangguran

Pengangguran adalah kelompok angkatan yang belum bekerja, masih mencari kerja, dan belum mendapatkan pekerjaan. Kelompok pekerja yang sudah bekerja tetapi tidak memenuhi kriteria masuk kategori pengangguran.

Mengutip dari buku Get Success UN Ekonomi, ada 3 kelompok pengangguran yaitu pengangguran yang mendapatkan upah di bawah standar upah minimum (UMR), penurunan produktivitas pekerja, dan pekerja yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

Jenis-jenis Pengangguran

Pengangguran menyebabkan masalah pembangunan di berbagai negara. Tingginya jumlah pengangguran dapat mengganggu stabilitas keamanan dan politik suatu negara.

Ada berbagai jenis pengangguran yang muncul karena belum bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Berikut jenis-jenis pengangguran berdasarkan faktor yang ditimbulkan:

1. Pengangguran Konjungtural (Siklis)

Penyebab terjadinya pengangguran konjungtural karena perubahan ekonomi. Dalam suatu negara bisa mengalami resesi ekonomi (kemunduran) dan masa depresi (kehancuran).

Perusahaan mengalami kerugian, sehingga tenaga kerja dikurangi. Hal ini berdampak pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada para pekerja. Akibatnya banyak pengangguran karena perubahan ekonomi ini.

2. Pengangguran Struktural

Penyebab pengangguran struktural karena perubahan ekonomi dalam waktu lama. Contohnya perubahan negara agraris menjadi ekonomi. Hal ini mempengaruhi pada tenaga kerja yang berkurang karena perubahan lowongan kerja.

Akibatnya muncul pengangguran karena tidak sesuai dengan keterampilan di bidang tertentu. Cara mengatasi pengangguran struktural ini dengan menambah pendidikan dan latihan yang sesuai dengan lowongan kerja.

3. Pengangguran Musiman

Jenis pengangguran musiman berhubungan dengan ekonomi jangka pendek, misal sektor pertanian. Contohnya petani menganggur karena menunggu musim panen dan musim tanam.

4. Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional adalah jenis pengangguran yang terjadi karena seseorang belum bekerja. Penyebabnya karena pencari kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Pemberi kerja melakukan seleksi dan kualitas tinggi dari pelamar. Sehingga membutuhkan waktu untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Pengangguran Terbuka

Jenis pengangguran berdasarkan lama waktu kerja dibagi menjadi 3 yaitu pengangguran terbuka, setengah menganggur, dan pengangguran terselubung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...