Ciri-ciri Tubuh Terpapar Corona yang Perlu Diwaspadai

Image title
1 Maret 2022, 15:52
Petugas kesehatan mengukur suhu tubuh guru sebelum mendapatkan vaksin COVID-19 di Puskesmas Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/4/2021). Demam merupakan salah satu ciri-ciri tubuh terpapar Corona.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Petugas kesehatan mengukur suhu tubuh guru sebelum mendapatkan vaksin COVID-19 di Puskesmas Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/4/2021). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan sebanyak 5,5 juta guru dan tenaga pendidik mengikuti vaksinasi COVID-19 sampai akhir Juni 2021.

Pandemi COVID-19 masih terus berlangsung di Indonesia dan seluruh dunia. Hingga Senin (28/2) ada tambahan 25.054 kasus baru di Indonesia. Seperti yang diketahui, COVID-19 disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, yaitu salah satu jenis virus Corona. 

Mengutip buku Pengendalian COVID-19, virus SARS-CoV-2 merupakan virus yang memiliki genom berupa RNA beruntai tunggal sehingga virus tersebut dapat bermutasi.

Advertisement

Suatu varian memiliki satu atau lebih mutasi yang membedakannya dari varian virus Corona lainnya. Sejauh ini, terdapat sejumlah mutasi virus Corona yang telah didokumentasikan selama pandemi ini.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO membedakan mutasi virus SARS-CoV-2 menjadi Variant of interest (VOI) dan variant of concern (VOC). Klasifikasi VOC adalah varian Alpha, Betta, Gamma, Delta, dan Omicron. Sedangkan klasifikasi VOI adalah varian Lambda dan Mu.

Gejala COVID-19 diantara berbagai varian tersebut hampir sama, seperti batuk, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan anosmia.

Ciri-ciri Tubuh Terpapar Corona

Berikut ciri-ciri tubuh terpapar Corona yang perlu diwaspadai.

1. Demam

Demam merupakan ciri-ciri tubuh terpapar Corona yang paling umum. Demam adalah peningkatan suhu tubuh dan seringkali menandakan suatu penyakit, termasuk COVID-19. Demam menunjukkan bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dalam tubuh.

Pada orang yang terinfeksi COVID-19, suhu tubuh dapat mencapai lebih dari 38°C. Suhu tubuh rata-rata adalah 37°C, tetapi suhu tubuh normal dapat berkisar antara 36,1°C dan 37,2°C atau lebih. Suhu tubuh dapat bervariasi tergantung tingkat aktivitas atau waktu.

Tidak semua orang yang terjangkit COVID-19 akan mengalami demam. Berdasarkan riset dalam jurnal PLOS One, sebanyak 78% dari sekitar 25.000 orang dewasa yang terpapar COVID-19 mengalami demam.

Mengutip Cleveland Clinic, demam terjadi ketika virus masuk ke dalam tubuh, mulai dari selaput lendir hingga ke aliran darah. Kemudian sistem kekebalan tubuh melepaskan bahan kimia inflamasi yang meningkatkan panas dalam tubuh dan meningkatkan suhu inti tubuh yang bertujuan untuk membunuh virus.

Jika suhu tubuh mencapai 38°C atau lebih tinggi, lakukan tes COVID-19. Berikut suhu demam sesuai usia yang perlu diwaspadai saat tubuh terpapar Corona:

  • Bayi: Suhu rektal 38°C atau lebih tinggi.
  • Balita dan anak-anak: Suhu di atas 39°C.
  • Dewasa: Suhu di atas 38°C.

2. Batuk

Kebanyakan penderita COVID-19 mengalami batuk kering. Tubuh yang terpapar Corona dapat mengalami batuk kering disertai tenggorokan kering, gatal, sakit, atau kasar. Mungkin juga ada sensasi gelitik di tenggorokan.

Sebuah riset dari jurnal The Lancet mengemukakan bahwa 60–70% penderita COVID-19 mengalami batuk kering. Batuk dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah terinfeksi virus Corona.

Sebagian besar penderita COVID-19 tampaknya mengalami batuk kering satu hari setelah terpapar dan berlangsung selama sekitar 19 hari. Sebanyak 5% partisipan penelitian melaporkan batuk yang bertahan selama kira-kira 4 minggu setelah terpapar.

Riset serupa juga diterbitkan Organisasi Kesehatan Dunia. Sekitar 68% dari 55.000 penderita COVID-19 melaporkan mengalami batuk kering. Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak atau lendir.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement