Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil Beserta Risikonya

Image title
4 Maret 2022, 13:49
Ilustrasi manfaat jahe untuk ibu hamil.
Times of India
Ilustrasi manfaat jahe untuk ibu hamil.

Manfaat jahe untuk ibu hamil ada beragam. Rempah yang kerap digunakan sebagai penyedap masakan ini sering dimanfaatkan untuk meredakan gejala morning sickness bagi ibu hamil.

Namun, masih ada keraguan bagi sebagian ibu hamil untuk mengonsumsi jahe. Padahal, mengutip Feed Mom Me, mengonsumsi jahe segar aman bagi ibu hamil. Hanya saja, tidak disarankan untuk mengonumsi jahe kering selama kehamilan karena tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dari dua senyawa aktif shogaol dan gingerol.

Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi hingga 1 gram (1.000 mg) jahe segar per hari aman untuk ibu dan janin. Jahe segar dapat dikonsumsi dengan campuran air mendidih, lemon, dan madu untuk membuat ramuan yang membantu mengatasi mual.

Menurut Ginekolog Bandita Sinha, jahe segar dapat membantu pencernaan sekaligus mengendalikan mual dan muntah selama kehamilan. Hal ini sangat membantu selama trimester pertama. Selain itu, jahe dapat meredakan nyeri, sakit punggung dan kram kaki yang terjadi selama kehamilan.

Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil

Mengutip Parentune dan beberapa laman terkait lainnya, berikut manfaat jahe untuk ibu hamil:

1. Membantu Menyerap Nutrisi

Jahe mempercepat penyeraan nutrisi dalam tubuh. Di samping itu, ini juga membantu bayi memeroleh nutrisi maksimal dari menu harian ibu hamil.

2. Meredakan Morning Sickness

Jahe terbukti efektif meredakan mual dan muntah. Jahe juga dapat meringankan mual terkait kemoterapi dan kehamilan, seperti mual di pagi hari. Sebuah publikasi di Journal of Nutrition menemukan bahwa dari 12 penelitian yang melibatkan 1.278 wanita hamil, 1 gram hingga 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual pada wanita hamil.

Morning sickness bisa menyerang sekitar 80% ibu hamil selama trimester pertama, mulai dari mual ringan sampai berat. Secara ilmiah, bahan seperti gingerol, shogaols, zingiberol, dan bisapolene dapat membantu mengurangi mual di pagi hari.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jahe menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kadar gula darah yang terkendali berkaitan dengan kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan.

4. Mulas dan Kembung

Manfaat jahe untuk ibu hamil lainnya ialah dapat meredakan sakit maag selama kehamilan. Sepotong jahe dapat mengurangi asam yang menyebabkan mulas. Anda dapat menikmati jahe hangat dengan jeruk nipis segar untuk menyembuhkan masalah mulas dan perut kembung selama kehamilan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...