10 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Dwi Latifatul Fajri
4 Maret 2022, 18:02
Jenis Pekerjaan
Pexels.com/Cottonbro
Jenis Pekerjaan di Indonesia

Ada berbagai jenis pekerjaan di Indonesia. Pekerjaan paling umum yang dikenali banyak orang yaitu guru, dokter, model, wartawan, polisi, pilot, pramugari, masinis, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari kemdikbud.go.id, pekerjaan adalah jenis perbuatan atau kegiatan untuk memperoleh imbalan atau upah. Pekerjaan dibutuhkan sebagai mata pencaharian. Imbalan dan upah ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Advertisement

Ada berbagai jenis pekerjaan berdasarkan profesi dan jabatan. Contoh jenis pekerjaan berdasarkan profesi yaitu dokter, guru, peneliti, pengacara, dan arsitek.

Sedangkan pekerjaan seperti pembantu rumah tangga, mandor, dan pengemudi tidak termasuk profesi.

Dalam sebuah perusahaan ada pekerjaan berdasarkan jabatan. Jabatan ini dibagi menjadi jabatan fungsional, struktural, hingga rangkap.

Jenis Pekerjaan di Bidang Bisnis

Ada berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan bidang bisnis. Mengutip dari berkeley.edu, berikut jenis pekerjaan di bidang bisnis:

1. Akutansi

Pekerjaan akutansi dibutuhkan di perusahaan maupun pegawai pemerintahan. Profesi akutansi ini bertanggung jawab pada laporan dan analisis keuangan di perusahaan.

2. Konsultan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian konsultan adalah seseorang yang ahli sebagai penasihat.

Konsultan memberikan petunjuk, pertimbangan, penelitian, hingga nasihat dalam bidang tertentu. Konsultan dibutuhkan dalam bidang kesehatan, hukum, pemasaran, hingga proyek.

3. Pengusaha

Pengusaha bisa dimaksudkan kelompok atau individu yang melakukan kegiatan jual beli. Pengusaha bisa menjual produk barang atau jasa sesuai bidang yang digeluti. Contohnya pengusaha sepatu, peternakan ayam, pengusaha minyak, dan masih banyak lagi.

4. Perencana Keuangan

Perencana keuangan dibutuhkan di bidang bisnis, jasa keuangan, dan firma. Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang ahli di bidang keuangan untuk membantu perencanaan yang tepat.

5. Human Resources (HR)

Human Resources atau Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk divisi penting di sebuah perusahaan. Tugas HR berkaitan dengan tenaga kerja, memastikan karyawan mendapatkan hak, dan puas dengan pekerjaan mereka.

HR juga mengurus pelatihan, perekrutan, tunjangan karyawan, dan kompensasi untuk karyawan yang mengundurkan diri.

6. Marketing

Marketing berhubungan dengan keseluruhan sistem dari bisnis. Tugas marketing yaitu merencanakan produk, menetapkan harga, melakukan distribusi hingga promosi produk.

7. Retail

Pekerjaan retail dibutuhkan untuk mengarahkan kemampuan di pasaran. Tujuan dari retail adalah memuaskan konsumen setelah mendapatkan produk barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

8. Sales

Mengutip dari jurnal.id, sales adalah bagian dari perusahaan yang bertugas menjual dan memastikan produk laku di pasaran. Bekerja sebagai sales membutuhkan perencanaan awal untuk menetapkan persetujuan dan kesepakatan konsumen.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement