Cara Daftar Grabfood dan Persyaratannya

GrabFood merupakan platform layanan pesan-antar atau delivery makanan yang populer di Indonesia. Anda memiliki bisnis kuliner? Layanan ini akan memudahkan pelanggan. Berikut cara daftar GrabFood.
Image title
21 September 2021, 10:21
Cara daftar GrabFood
Instagram.com/grabfoodid
GrabFood menjadi salah sati platform layanan pesan-antar online yang sering digunakan di Indonesia

Pemasaran bisnis melalui layanan pesaan antar, khususnya bisnis kuliner, saat ini sudah sangat umum. Salah satu mitra layanan pesan antar makanan adalah GrabFood. Dengan menjadi partner GrabFood, bisnis kuliner dapat menjangkau pasar lebih luas dan berpotesi untuk meraup keuntungan yang lebih banyak pula.

Layanan pesan antar ini telah dianggap memudahkan pelanggan dalam membeli makanan, tanpa harus repot-repot keluar rumah. Hal ini terbukti, Indonesia menjadi pengguna aplikasi pesan-antar makanan tertinggi di dunia. Mengalahkan Brasil hingga Thailand.

We Are Social mencatat sebanyak 74,4% pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi pesan-antar makanan dalam satu bulan terakhir. Persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia.

Brasil menyusul di urutan kedua dengan 66,6% pengguna internet yang memakai aplikasi pesan-antar makanan dalam satu bulan terakhir. Setelahnya ada Malaysia, Tiongkok, dan Uni Emirat Arab yang masing-masing sebesar 66,5%, 66,4%, dan 65,1%.

 

 

Bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner, layanan ini pesan antar makanan GrabFood dapat menjadi jalan untuk menaikkan omzet penjualan Anda.

Lalu, bagaimana cara daftar GrabFood?

Syarat Dokumen untuk Mendaftar GrabFood

Sebelum mendaftarkan toko ke GrabFood, ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan, berikut di antaranya:

1. Informasi Restoran atau Rumah Makan

  •  Nama bisnis/restoran

Sesuaikan dengan nama bisnis yang Anda miliki pada banner toko

  • Alamat restoran disertai koordinat di Google Maps

Lampirkan alamat yang jelas lengkap dengan RT dan RW. Jika berlokasi di dalam mall ataupun pergedungan, sertakan lantai dan nomor kios.

  • Nomor telepon restoran

Pastikan nomor yang digunakan aktif dan terdaftar.

  • Email restoran
  • Foto tampak luar restoran

Pastikan banner toko terlihat di dalam foto. Lampirkan juga foto owner yang sedang berada di depan banner toko.

  • Foto tampak dalam restoran

Pastikan terlihat kasir, meja makan dan dapur. Lampirkan juga foto owner beserta makanan yang dijual di dapur dengan ketentuan wajah harus sesuai dengan foto KTP dan foto terlihat jelas (Tidak blur atau terhalang objek lain).

  • Foto logo restoran (Opsional)

2. Informasi Pemilik

  •  Foto KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas. KTP yang aktif bisa dicek di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Untuk WNA bisa menggunakan foto paspor.

  • Foto Selfie dengan KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas dan lengkap, tidak tertutup tangan atau objek apapun. Wajah juga harus terlihat dengan jelas. Untuk WNA bisa menggunakan foto bersama dengan paspor.

  • Foto NPWP

Dokumen atau kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang digunakan, boleh dalam bentuk fotokopi‍

3. Informasi Bank

  • Nomor rekening akun tabungan
  • Foto buku tabungan atau Tampilan E-Banking

Pastikan nomor rekening yang dilampirkan terlihat jelas. Jika informasi rekening berbeda dengan nomor rekening penanggung jawab utama, pastikan juga terlampir surat kuasa.

4. Informasi Menu

  • Daftar menu
  • Foto daftar menu

Foto harus terlihat jelas dan menampilkan makanan dan harga sesuai dengan yang akan ditampilkan di aplikasi GrabFood

  • Foto makanan

Makanan sesuai dengan menu yang dimiliki. Lakukan pengambilan foto dengan maksimal, makanan yang difoto dengan baik akan meningkatkan minat beli pemesan

Cara Daftar GrabFood

Untuk alur pendaftaran, berdasarkan halaman GrabFood Merchant berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Membuat profil pebisnis dan verifikasi akun

Langkah pertama yang perlu dilakukan, jika belum memiliki profil di halaman GrabFood Merchant, buat profil terlebih dahulu. Informasi yang perlu diisi di antaranya adalah:

  • Nama Bisnis/Restoran
  • Alamat Bisnis/Restoran beserta kota
  • Nomor Handphone
  • Alamat E-mail

Isi formulir yang dibutuhkan di halaman https://www.grab.com/id/merchant/food/ lalu klik “DAFTAR”. Tim GrabFood akan mengirimkan e-mail verifikasi yang harus diselesaikan dalam 72 jam. Pastikan e-mail bisnis/restoran Anda terdaftar dan terverifikasi dengan sukses.

2. Upload informasi bisnis/restoran

Setelah e-mail terverifikasi. Tim GrabFood akan menghubungi pebisnis dan menjelaskan langkah selanjutnya yang terkait dengan informasi toko. Anda akan dikirimkan e-mail dan diminta melengkapi informasi terkait bisnis/restoran Anda seperti foto restoran, foto menu, dan lain lainnya.

3. Tanda tangan kontrak

Setelah melengkapi informasi toko. Anda akan dikirimkan e-mail dari Tim GrabFood untuk proses kontrak kerja sama dengan GrabFood. Pastikan kontraknya sudah Anda baca dengan baik syarat dan ketentuannya sebelum menandatangani

4. Verifikasi e-mail outlet

Setelah menyelesaikan proses tanda tangan kontrak. Anda akan kembali diminta melakukan verifikasi e-mail outlet dengan batas waktu 72 jam. Pastikan e-mail sudah terverifikasi sebelum 72 jam, jika tidak makan verifikasi Anda akan gagal. Untuk melakukan verifikasi ulang, Anda bisa menghubungi tim customer service GrabFood.

5. Proses verifikasi OVO

OVO adalah dompet digital (digital wallet) yang bekerja sama dengan Grab dan GrabFood terkait pembayaran di dalam aplikasi. Makanya, untuk menjadi merchant GrabFood, Anda akan diminta melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO sebagai platform pembayaran antara konsumen dan pebisnis.

Tim OVO akan menghubungi Anda untuk melakukan validasi dan verifikasi informasi terkait bisnis/restoran Anda. Informasi yang divalidasi di antaranya adalah nama restoran dan alamat restoran.

6. Finalisasi dan Training

Setelah semua proses di atas berjalan dengan sukses dan tervalidasi dengan baik. Anda akan dikirimkan e-mail oleh tim GrabFood berisi bahan training terkait cara menggunakan aplikasi untuk merchant untuk berbisnis makanan. Anda juga akan mendapatkan informasi terkait cara mengaktifkan akun Grab Merchant Anda.

Semua proses pendaftaran GrabFood ini tidak dipungut biaya alias gratis. Setelah melakukan pendaftaran dan finalisasi, Anda hanya tinggal menunggu proses aktivasi toko selesai.

7. Cek Status Pendaftaran

Anda dapat mengecek status pendaftaran aplikasi Grab Merchant dan Situs Grab.

  • Jika Anda daftar melalui aplikasi GrabMerchant:

Silakan masuk ke akun toko Anda menggunakan alamat email atau nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi, dan cek notifikasi untuk informasi status pendaftaran.

Untuk sementara ini, pendaftaran melalui aplikasi GrabMerchant masih hanya tersedia bagi calon Mitra GrabFood.

  • Jika Anda daftar melalui situs GrabFood atau situs GrabMart:

Silakan tunggu hasil proses verifikasi selama 5-8 hari kerja di email toko yang Anda gunakan saat pendaftaran.

Itulah langkah-langkah dan cara daftar GrabFood untuk food merchant yang ingin memperluas penjualan produknya. Daftarkan bisnis Anda dan dapatkan profit lebih.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait