BNPB Sebut 8 Wilayah Berpotensi Terdampak Banjir Dua Hari ke Depan

Delapan wilayah tersebut di antaranya Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan, serta Sulawesi Barat dan Selatan
Safrezi Fitra
25 Desember 2019, 13:05
banjir, bnpb, bencana alam, hujan lebat, wilayah terdampak banjir
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Warga melihat aliran Sungai Citepus yang volumenya terus bertambah di Cibadak, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019). Pemukiman di kawasan Cibadak, Kota Bandung tersebut kerap dilanda banjir luapan dari aliran Sungai Citepus saat intensitas curah hujan yang tinggi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejumlah wilayah berpotensi terdampak banjir. Prediksi ini berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Tanah Air.  Kondisi itu berlaku sejak hari ini, Rabu (25/12) hingga Kamis (26/12) .

 "Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terdapat delapan wilayah yang berpotensi terdampak banjir akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut," ujar Agus Wibowo di Jakarta, Rabu.

Delapan wilayah yang memiliki potensi terdampak banjir yakni Jawa Timur, yang kini berstatus siaga. Kemudian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan yang berstatus waspada.

 (Baca: Waspadai 54 Titik Rawan Banjir di Jakarta, Ini Daftarnya)

Advertisement

Agus mengatakan Jawa Timur sudah menyiapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur No 188/650/KPTS/013/2019 tertanggal 16 Desember 2019.

"Begitu juga dengan Kalimantan Selatan yang juga sudah menetapkan status siaga darurat," kata dia. 

Saat ini sejumlah daerah menetapkan status tanggap darurat yakni Sumatera Barat, Aceh, Riau, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk siaga darurat selain Kalimantan Selatan dan Jawa Timur yakni, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.

(Baca: Jokowi: Cuma Dua Persoalan Besar Jakarta, Banjir dan Macet)

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait