Kerap Kebanjiran, Warga Ngawi Mengeluh kepada Jokowi di Sela Kampanye

"Di Caruban. Pojokannya banjir itu lho, Pak," kata Danang, warga Ngawi.
Dimas Jarot Bayu
3 April 2019, 10:25
Kerap Kebanjiran, Warga Ngawi Mengeluh kepada Jokowi di Sela Kampanye
Antara | Siswowidodo
Jokowi Kampanye di Ngawi, Jawa Timur

Warga Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Danang Suseno mengeluhkan banjir yang kerap merendam wilayahnya kepada calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi). Keluhan ini disampaikan ketika Jokowi tengah berkampanye di GOR Bung Hatta, Ngawi, Selasa (2/4) malam.

Awalnya, Jokowi meminta Danang untuk naik ke atas panggung saat dirinya tengah menjelaskan Kartu Prakerja. Jokowi pun meminta Danang untuk memperkenalkan diri dan daerah tempat tinggalnya secara detail. Danang menjawab kediamannya berada di dekat wilayah yang kerap terendam banjir. "Di Caruban. Pojokannya banjir itu lho, Pak," kata Danang.

Danang mengatakan rumahnya kerap terendam banjir hingga semata kaki. Sementara, wilayah yang daratannya lebih rendah bisa kebanjiran hingga setinggi dada orang dewasa. Jokowi lantas menanyakan apakah banjir di sekitar kediamannya tersebut berasal dari Sungai Bengawan Solo atau bukan. "(Bukan), dari Kali Kwadungan," kata Danang. 

(Baca: Cerita Jokowi Dicegat Warga Saat Kampanye di Sorong)

Advertisement

Jokowi lantas tak melanjutkan dialog tersebut. Capres petahana itu mengajak Danang untuk membahas Kartu Prakerja. Menurut Jokowi, lulusan SMA, SMK, serta perguruan tinggi bisa mendapat pelatihan gratis dari Kementerian, BUMN, hingga pihak swasta secara gratis menggunakan Kartu Prakerja. Jokowi pun meminta komentar Danang terkait kartu tersebut.

Danang berharap Kartu Prakerja akan membantu dia dan teman-temannya untuk bisa mendapatkan pengetahuan sebelum bekerja. Alhasil, dia dan teman-temannya dapat lebih mudah mendapat pekerjaan. Danang merupakan pemuda yang hingga saat ini belum mendapat pekerjaan. "Saya doakan semoga saya dan teman-teman saya mendapatkan kartu Prakerja," kata Danang.

Lebih lanjut, Danang meminta agar Jokowi nantinya bisa menyebarkan Kartu Prakerja ke seluruh Indonesia. Mendengar itu, Jokowi memastikan kartu itu akan diberikan secara merata. Hanya saja, Jokowi menyebut Kartu Prakerja baru akan diberikan tahun depan.

Di sela-sela Jokowi berbicara, diam-diam Danang mengeluarkan gawainya. Melihat itu, Jokowi berkelakar kepada Danang yang dianggapnya ingin berswafoto bersama dirinya. (Baca: Hujan Deras Tak Surutkan Antusiasme Pendukung Jokowi di Ngawi)

"Ini pasti kalau saya suruh maju di depan, ada yang cari kesempatan seperti ini (minta swafoto). Saya sudah tahu, pegang-pegang HP tuh mau apa?," ucap Jokowi diikuti tawa pendukungnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait