MRT Mulai Berbayar, Tarif Masih Diskon 50% Sepanjang April 2019

Diskon diberikan untuk mendorong tingkat penggunaan MRT.
Michael Reily
1 April 2019, 09:41
No image
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3). Pada operasi hari ini, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai memberlakukan pembayaran tarif MRT, setelah memberikan layanan gratis periode 25 Maret hingga 31 Maret. Namun, sepanjang bulan ini penumpang masih bisa mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen. Diskon diberikan untuk mendorong tingkat penggunaan MRT.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyatakan usulan perusahaan telah mendapatkan persetujuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan. Diskon setengah harga merujuk pada tarif dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019.

Dia mengungkapkan potongan harga merupakan bentuk sosialisasi supaya masyarakat lebih memahami mekanisme dan tata cara penggunaan MRT Jakarta. "Agar pelibatan masyarakat untuk ikut dalam upaya mengubah budaya dalam bertransportasi publik yang baik dapat terwujud secara lebih menyeluruh," katanya dalam keterangan resmi, Senin (1/4).

(Baca: Menjajal MRT, Jokowi Sebut Simbol Peradaban Baru Jakarta)

Masyarakat dapat memilih pembayaran penggunaan MRT Jakarta melalui Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip, Kartu Jaklingko, serta berbagai kartu uang elektronik dari perbankan, seperti E-Money, Brizzi, Tapcash, Flazz, dan Jakcard. Kartu Jelajah tersedia di seluruh mesin tiket otomatis atau loket yang ada di setiap stasiun MRT Jakarta.

Harga satuan Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip sebesar Rp 15 ribu, sebagai uang deposit yang bisa diuangkan kembali maksimal tujuh hari. Harga ini tidak termasuk tarif perjalanan antarstasiun berangkat dan tujuan.

Penggunaan Kartu Jelajah MRT Jakarta sama seperti Tiket Harian Berjaminan dalam penggunaan Kereta Rel Listrik (KRL). Oleh karena itu, Kamaluddin beharap masyarakat terdorong untuk lebih sering menggunakan moda transportasi terbaru itu.

(Baca: "Bicara Data" William Sabandar: Hitungan Tarif dan Skema Bisnis MRT)

Sebagai informasi, kereta MRT pertama berangkat pukul 05.30 WIB dari Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Blok M menuju Stasiun Bundaran HI, sebaliknya kereta MRT pertama dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus berangkat pukul 05.36 WIB. "Dilanjutkan setiap 10 menit sekali untuk kereta berikutnya," ujar Kamaluddin.

Video Pilihan

Artikel Terkait