MRT Mulai Berbayar, Tarif Masih Diskon 50% Sepanjang April 2019

Michael Reily
1 April 2019, 09:41
No image
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3). Pada operasi hari ini, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai memberlakukan pembayaran tarif MRT, setelah memberikan layanan gratis periode 25 Maret hingga 31 Maret. Namun, sepanjang bulan ini penumpang masih bisa mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen. Diskon diberikan untuk mendorong tingkat penggunaan MRT.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyatakan usulan perusahaan telah mendapatkan persetujuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan. Diskon setengah harga merujuk pada tarif dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019.

Dia mengungkapkan potongan harga merupakan bentuk sosialisasi supaya masyarakat lebih memahami mekanisme dan tata cara penggunaan MRT Jakarta. "Agar pelibatan masyarakat untuk ikut dalam upaya mengubah budaya dalam bertransportasi publik yang baik dapat terwujud secara lebih menyeluruh," katanya dalam keterangan resmi, Senin (1/4).

(Baca: Menjajal MRT, Jokowi Sebut Simbol Peradaban Baru Jakarta)

Masyarakat dapat memilih pembayaran penggunaan MRT Jakarta melalui Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip, Kartu Jaklingko, serta berbagai kartu uang elektronik dari perbankan, seperti E-Money, Brizzi, Tapcash, Flazz, dan Jakcard. Kartu Jelajah tersedia di seluruh mesin tiket otomatis atau loket yang ada di setiap stasiun MRT Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...