Solusi Pengangguran, Sandiaga Perkenalkan Konsep Rumah Siap Kerja

Safrezi Fitra
16 Maret 2019, 20:10
Kurangi Pengangguran, Sandiaga Perkenalkan Konsep Rumah Siap Kerja
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno

Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan konsep Rumah Siap Kerja untuk menanggulangi pengangguran. Konsep ini menjadi solusi minimnya akses kaum muda pengangguran  mencari pekerjaan atau menjadi wirausaha.

Pasangan dari Capres Prabowo Subianto ini menjelaskan Rumah Siap Kerja adalah pusat layanan terpadu satu pintu. Sebagai sarana penghubung pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja, pencari keterampilan baru, berwirausaha serta menyalurkan bakat dan minat atau hobby secara kreatif dan inovatif.

Advertisement

Seperti dikutip Antara, dia mengatakan Indonesia terdapat 7-8 juta pengangguran yang sebagian besar anak muda usia produktif. "Program Rumah Kerja ditujukan bagi muda berumur 16 hingga 40 tahun, yang akan memberikan bimbingan karir bagi anak-anak muda khususnya di daerah perdesaan," kata Sandiaga di Rumah Siap Kerja, Jalan Wijaya I, Jakarta, Sabtu (16/3).

(Baca Databoks: Jumlah Pekerja Tumbuh Lebih Kencang Dibanding Angkatan Kerja, Pengangguran Turun)

Rumah tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan anak muda. Beberapa fasilitas tersebut seperti, lapangan olahraga, dan co-working space. Rumah ini bisa menjadi  community center dan menjadi pusat kegiatan anak muda di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, Indonesia memiliki bonus demografi yang  berpotensi positif di masa depan. Jika masalah pengangguran tidak ditanggulangi dengan strategi dan program yang baik dan terintegrasi, maka akan menjadi masalah besar di kemudian hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement