Pertamina Gandeng Petronas Kembangkan Bisnis Migas

Image title
26 Februari 2019, 17:01
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

 PT Pertamina (Persero) dan Petroliam Nasional Berhad (Petronas) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Perusahaan negara Indonesia dan Malaysia ini menjajaki kerja sama dalam pengembangan bisnis migas dari hulu hingga hilir.

Direktur Perencanaan Investasi & Manajemen Resiko Pertamina Heru Setiawan mengatakan sinergi antara kedua perusahaan merupakan realisasi dari kerjasama pemerintah atau Government to Government (G to G) yang sudah terjalin cukup erat sebelumnya. 

“MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan. Kerjasama ini mencakup kerjasama secara strategis maupun operasional,” ujarnya dalam keterangan resmi Pertamina (26/2).  

(Baca: Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru di Riau)

Ada beberapa program kerja sama yang akan dijalankan bersama kedua perusahaan, di antaranya penelitian dan pengembangan migas. Kemudian studi eksplorasi migas termasuk penerapan teknologi di blok migas dengan kesulitan CO2 tinggi, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan.

Heru menambahkan kerja sama yang dilakukan nantinya tidak hanya berlokasi di Indonesia maupun Malaysia. Pengembangan migas kedua perusahaan bisa dilakukan hingga ke negara lain, seperti pengolahan minyak di wilayah Asia Timur.

Di bidang niaga, kedua perusahaan tersebut sepakat melakukan pertukaran minyak mentah. "Dalam rangka penyediaan energi masa depan, masih banyak yang harus kami lakukan bersama. MoU ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional,” kata Heru.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...