SKK Migas Fokus Kembangkan 10 Area Migas Potensial Raksasa

Image title
22 Februari 2019, 17:33
skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA
skk migas

Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan ada 10 wilayah yang potensial memiliki cadangan minyak dan gas bumi terbesar (giant discovery). Salah satunya adalah Blok Sakakemang yang baru saja ditemukan memiliki cadangan gas hingga 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Untuk mencari giant discovery, saat ini kita fokus ke 10 titik wilayah potensial lainnya,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto  di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (22/2).

(Baca: Blok Sakakemang,Temuan Gas Terbesar Keempat di Dunia 2018-2019)

Adapun selain Blok Sakakemang di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, area potensial lainnya berlokasi di Sumatera Utara (Mesozoic Play), Sumatera Tengah (Basin Center), dan Sumatera Selatan (Fractured Basement Play). Kemudian Offshore Tarakan, NE Java-Makassar Strait, Kutai Offshore, Buton Offshore, Northern Papua (Plio-Pleistocene & Miocene Sandtone Play), Bird Body Papua (Jurassic Sandstone Play), dan Warim Papua.

Dia menyatakan SKK Migas akan terus berupaya agar 10 area migas potensial ini bisa segera digarap oleh investor, sehingga cadangan dan produksi migas meningkat. Meski begitu, Dwi belum bisa memastikan berapa total cadangan dan investasi yang dibutuhkan untuk menggarap 10 area tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...