Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Diprediksi Punya Fokus Beda

Image title
13 Februari 2019, 18:32
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Perhelatan debat Pilpres 2019 diperkirakan memiliki efek pendongkrak elektabilitas untuk menggaet masyarakat yang belum menentukan atau masih dapat berubah pilihannya.

Debat kedua dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 Februari 2019 dengan tema Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam (SDA), dan Lingkungan Hidup. Pengamat menilai calon Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Prabowo Subianto akan memiliki fokus debat yang berbeda.

"Saya menduga bahwa Jokowi fokus pada isu energi dan infrastruktur. Prabwo bicara pangan, seperti mengenai harga," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini dalam acara diskusi di Jakarta, Rabu (13/2).

Selain itu, Titi menjelaskan bahwa debat kedua nanti bisa menjadi debat yang berkualitas apabila formulasi debat bisa mengalaborasi dan mengoptimalkan potensi dari pasangan calon berdasarkan visi misinya. Kedua, panelis diharapkan bisa mengkonstruksi pertanyaan yang mengalaborasi pemikiran dan gagasan yang mereka bawa. Panelis, seharusnya tidak mengajukan pertanyaan yang sifatnya umum.

(Baca: Debat Capres Babak Dua, Jokowi-Prabowo Didorong Bahas Oligarki Tambang)

Adapun, debat yang akan diadakan nanti memiliki konsep yang berbeda. Misalnya, KPU telah menambah sesi ilustrasi film pendek, setelah itu ada konsep tarung bebas untuk menguji program yang telah dibuat oleh paslon. "Debat bisa berkualitas dengan dua hal, bisa menggali visi misi, yang kedua adalah performa calon," kata dia.

Paslon nomor urut 1 Jokowi dan Ma'aruf Amin telah menetapkan visi, yakni terwujdunya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkripribadian, berlandaskan gotong royong. Sedangkan misinya, Pertama, peningkatan kualitas manusia Indonesia. Kedua, struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing. Ketiga, pembangunan yang merata dan berkeadilan. Keempat, mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...