Pengeboran 3 Sumur Eksplorasi Migas Ditargetkan Selesai November

Anggita Rezki Amelia
10 September 2018, 18:06
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat sejumlah kontraktor minyak dan gas bumi (migas) yang tengah mengebor sumur eksplorasi. Pengeboran ini dilakukan untuk membuktikan kandungan migas yang bisa diproduksi.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan pengeboran tersebut dilakukan  oleh PT Pertamina EP, Talisman, Saka Energi. Masing-masing mengebor satu sumur eksplorasi yang dimulai pada bulan lalu. "Target selesai pengeboran sumur eksplorasi ini, November 2018," ujarnya kepada katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Wisnu merinci, Pertamina EP mengebor sumur Wolai-1 di area Matindok, Sulawesi Tengah. Pengeboran sumur itu mulai dilakukan sejak 18 Agustus 2018. Sementara itu Talisman Sakakemang B.V megebor sumur bernama Kaliberau dalam (kbd)-2 di South Sumatra Basin, Sumatera Selatan. Pengeboran sumur mulai dilakukan sejak 20 Agustus 2018. 

(Baca: Pengeboran 6 Sumur Rampung, Pertamina Klaim Cadangan Migas Naik)

Selain dua sumur tersebut, SKK Migas juga mencatat kontraktor lainnya yang juga tengah mengebor sumur eksplorasi, yakni Saka Energi di Blok South Sesulu, Kalimantan Timur. Sumur yang dibor Saka mulai bulan lalu ini adalah West Sis-1. 

Meski pengeboran sumur eksplorasi terus berjalan, secara total capaiannya tahun ini belum signifikan. Mengacu data SKK Migas, selama delapan bulan terakhir baru 15 sumur eksplorasi yang selesai di bor. Ini baru 15% dari target yang telah ditentukan dalam program kerja dan anggaran (WP&B) 2018 sebesar 104 sumur.

Adapun sampai akhir tahun ini, SKK Migas memprediksi pengeboran sumur eksplorasi hanya mencapai 41 sumur, atau hanya 39% dari target. Ada sejumlah kontraktor migas yang akan mengebor sumur eksplorasi sampai akhir tahun ini,diantaranya Talisman East Jabung, Energi Mineral Langgeng, Eni East Sepinggan, EMP Gebang, Renco Elang Energy, Caelus Energi, Lapindo Brantas, dan Medco Natuna Ltd.

(Baca: Saka Energi Cari Cadangan Migas Baru di Blok Pangkah)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...