Direktur Pertamina Diangkat Jadi Dirut PGN

Image title
10 September 2018, 13:50
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) hari ini. Dalam RUPS ini pemegang saham memberhentikan Direktur Utama PGN Jobi Trinanda. Sebagai gantinya, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Pertamina Gigih Prakoso diangkat menjadi Direktur Utama PGN yang baru.

Penunjukan Gigih sebagai Dirut PGN merupakan bentuk konsolidasi holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas (migas). Sejak Maret lalu, PGN resmi menjadi anak usaha Pertamina melalui berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke Dalam Modal Saham Pertamina.

"Pergantian direksi ini merupakan keputusan dari pemegang saham Seri A Dwiwarna, yaitu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," kata Komisaris Utama PGN IGN Wiratmaja Puja usai RUPS-LB di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (10/9).

(Baca: Menteri Rini Berencana Rombak Direksi Pertagas)

Gigih bukan orang baru di PGN. Sebelum menjabat sebagai direktur di Pertamina, dia pernah menjabat Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN sejak Mei 2017 hingga Agustus 2017. gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan University of Kentucky, Amerika Serikat ini sempat menjadi Komisaris di PT Pertamina Patra Niaga dan Senior Vice President Corporate Strategic Growth Pertamina.

Direktur Infrastruktur & Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan Gigih merupakan salah satu panitia saat lakukan integrasi PGN, Pertamina, dan Pertagas. "Gigih sudah tahu diskusi kami di Pokja Infrastruktur, Pokja Visi-Misi dan Pokja Komunikasi. Kami punya komitmen menjalankan integrasi. Jadi, sebenarnya apa yang sudah sepakati tetap dijalankan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...