Proyek 35 GW Dipangkas, PLN Tetap Bangun Pembangkit Energi Terbarukan

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2018, 20:10
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tetap melanjutkan proyek pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan sesuai rencana. Meskipun pemerintah berencana akan menunda beberapa proyek pembangkit dari program pembangkit listrik berkapasitas total 35 Gigawatt (GW).

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan proyek pembangkit energi baru terbarukan (EBT) tetap berjalan demi mengejar target 23% bauran energi ini pada 2025. Saat ini PLN sedang menyisir proyek mana saja yang bisa ditunda pembangunannya untuk sementara.

Dia memprediksi proyek beberapa proyek yang bisa ditunda adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). PLN sedang mensimulasikan di mana lokasi proyek pembangkit mana yang akan ditunda pembangunannya.

(Baca: Proyek Strategis Migas dan Listrik Ditunda Demi Rupiah)

Kapasitas listrik terpasang PLN yang paling besar berada di pulau Jawa. Oleh sebab itu PLN akan menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan listrik terlebih dahulu. "Saya harus berhitung permintaan, karena (kebutuhan) di Sulawesi," kata dia  di Jakarta, Kamis (6/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...