Peran Perempuan Penting Dalam Meningkatkan Perekonomian

Safrezi Fitra
9 Agustus 2018, 23:37
Katadata Forum
Katadata
Diskusi KatadataForum X Investing in Women: "Mendorong Partisipasi dan Peran Perempuan dalam Industri STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) di Indonesia, Jakarta, Kamis (9/8)

Keterlibatan perempuan dinilai cukup penting dalam peningkatan perekonomian negara. Peran perempuan sangat potensial dalam mengembangkan industri ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa dan matematika (Science, Technology, Engineering, and Mathematics/STEM).

Saat ini keterlibatan perempuan dalam industri tersebut masih jarang. Padahal, jumlah mahasiswa perempuan yang menggeluti bidang STEM tidak sedikit. Menurut laporan yang dirilis UNESCO pada 2015, terdapat pelajar perempuan di bidang Farmasi sebanyak 88%, Biologi 80,7%, Kedokteran 73%, Kimia 66,8%, Matematika 57,7%, dan Fisika 38,9%.

Advertisement

“Keterlibatan peran perempuan juga secara tidak langsung berpotensi meningkatkan perekonomian negara,” kata Indonesia Country Manager di Investing in Women. Dia menyampaikan hal ini dalam diskusi katadata.co.id bersama Investing in Women bertajuk “Mendorong Partisipasi dan Peran Perempan di Industri” di Hotel Aryaduta, Menteng, Kamis (9/8).

Merujuk pada laporan UNESCO, hanya terdapat 30% perempuan yang berkiprah di bidang STEM. Pada kesempatan yang sama, Vanny Narita, CEO PT Amonra, memaparkan faktor yang paling tidak mendukung bagi perempuan dengan anak untuk bekerja yakni terkait mobilitas. Tantangan lainnya, ada gap yang serius dalam kondisi ketika seorang perempuan bekerja lalu menemui siklus melahirkan dan perlu kembali bekerja lagi.

Dukungan pemerintah sangat diperlukan dalam mengatasi hal ini. “Supporting system seperti tempat menyusui sangat dibutuhkan. Di negara berkembang, biasanya supporting system-nya sangat baik. Misalnya memberikan enam bulan cuti bagi ibu melahirkan, menyediakan ruang menyusui, dan lainnya,” kata Vanny.

Terkait science communicators, dia mengatakan, masyarakat pada dasarnya memiliki keingintahuan  yang besar terhadap ilmu pengetahuan, sehingga para scientists perlu menyampaikan kepada masyarakat agar pandangan terhadap hasil penemuan sains diterima dengan baik.

Director Communications, Public Affairs and Sustainability PT L’Oreal Melanie Masriel mengatakan peran perempuan sangat berarti. “Di segala penjuru itu kita butuh perempuan, terutama di bidang STEM, peneliti, dan sebagainya,” kata Melanie.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement