Pemerintah Beri Jatah Khusus kepada Zohri Menjadi PNS Kemenpora

Ameidyo Daud Nasution
14 Juli 2018, 07:00
Lalu Muhammad Zahri
ANTARA FOTO/REUTERS/Lehtikuva
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri meluapkan kegembiraannya seusai berhasil menjadi yang tercepat pada nomor lari 100 meter pada ajang IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7). Zohri berhasil meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat 10,18 detik, diikuti dua pelari AS Anthony Schwartz (10,22 detik) dan Eric Harrison (10,22 detik).

Pemerintah memberikan apresiasi besar kepada juara dunia lari cepat 100 meter U-20 Lalu Muhammad Zohri. Selain diundang ke Istana dan merenovasi rumahnya, pemerintah juga memberikan jatah khusus kepada Zohri untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengungkapkan alasan jatah PNS ini diberikan karena Zohri telah mengharumkan nama Indonesia sebagai juara dunia. Nantinya, Kemenpora akan menyiapkan posisi yang tepat bagi pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini di pusat maupun di daerahnya.

Advertisement

"Pemerintah memberi penghargaan agar punya jaminan masa depan lebih baik," Asman di Jakarta, Jumat (13/7). (Baca: Jokowi Undang Zohri, Sang Juara Dunia Lari U-20 ke Istana)

Tak hanya atlet berprestasi yang mendapat jatah khusus menjadi PNS. Kementerian PAN-RB juga menyiapkan diaspora Indonesia di luar negeri sebagai prioritas dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru.

Alasannya, pemerintah ingin memberi peluang diaspora untuk menyelesaikan permasalahan dalam negeri. Kebijakan ini diharapkan bisa membuat putra-putri terbaik Indonesia untuk kembali membangun Tanah Air. Apalagi, menurutnya gaji pekerja di dalam negeri sudah meningkat dan tidak jauh berbeda dengan luar negeri ketimbang masa lalu.

"Prosesnya tahun ini, sama dengan penerimaan baru dengan formasi khusus," kata dia.

Politisi Partai Amanat Nasional tersebut juga menjelaskan dalam satu atau dua minggu, formasi penerimaan CPNS baru akan ditetapkan lalu diumumkan. Hampir seluruh instansi membuka penerimaan calon pegawai baru. Namun mengenai jumlah formasinya, Asman belum memberitahu.

"Seluruhnya, Kabupaten Kotamadya, Provinsi, serta Kementerian dan Lembaga," ujar dia. (Baca: 200 Ribu Orang Pensiun, Pemerintah Akan Buka Lowongan CPNS di 2018)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement