Jokowi Minta LRT Palembang Dapat Subsidi

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2018, 20:43
Jokowi lrt palembang
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kedua kiri) serta Menteri Kabinet Kerja saat berada di dalam gerbong Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan saat meninjau pengoperasian LRT di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7). Presiden Joko Widodo mengatakan LRT Palembang merupakan LRT pertama yang beroperasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta infrastruktur transportasi kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang diberikan subsidi pada periode awal operasionalnya. Subsidi ini diperlukan agar tarif moda transportasi tersebut kompetitif dan diminati masyarakat.

Jika masyarakat sudah banyak yang telah beralih menggunakan LRT, maka subsidinya dapat ditarik kembali. Presiden menjelaskan di beberapa negara membutuhkan waktu 10-15 tahun untuk mendorong masyarakatnya menggunakan moda transportasi kereta ini. Makanya, perlu subsidi agar tarifnya bisa lebih murah dan masyarakat tertarik.

"Saya perintahkan Menteri Perhubungan agar mulai dihitung subsidinya," kata Jokowi dalam keterangan resminya saat menguji coba perjalanan LRT Palembang, Jumat (13/7).

(Baca: Menhub Pesimistis LRT Jakpro Rampung Sebelum Asian Games)

Jokowi menyebut kehadiran LRT pertama di Indonesia ini akan memberi pilihan transportasi masyarakat. Selain itu adanya kereta ringan ini akan membangun peradaban baru dengan penggunaan transportasi massal yang tepat waktu. menurutnya, budaya tepat waktu dan antre akan terbangun setelah LRT Palembang berjalan.

Secara khusus Jokowi meminta LRT juga dibangun di kota-kota lain Indonesia yang mulai macet. Beberapa di antaranya adalah Surabaya, Bandung, dan Medan. Jokowi mengtakan pembangunan LRT tiga kota tersebut sedang dalam perencanaan dan akan segera dimulai pembangunannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...