Luhut Akan Minta Anggaran Khusus untuk Pengelolaan Sampah

Image title
4 Juli 2018, 11:19
 Daerah Aliran Sungai Citarum
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berencana untuk mengajukan anggaran khusus untuk penanggulangan sampah nasional. Dia menilai sampah merupakan masalah serius yang memerlukan pendanaan besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Nantinya, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penanganan sampah nasional. Setelah payung hukumnya siap, Luhut akan mengajukan anggaran untuk program ini dalam rancangan perubahan APBN 2018.

“Tahun ini kami mungkin akan ajukan anggaran khusus mengenai itu, karena tidak bisa ditunggu-tunggu juga sih,” kata Luhut di kantornya pada Selasa (3/7). (Baca Ekonografik: Sedotan Plastik Mengancam Bumi)

Meski begitu, Luhut mengaku masih belum bisa memperkirakan berapa besar anggaran yang dibutuhkan dan akan dialokasikan dari APBN. Hal ini masih perlu pembahasan lebih lanjut oleh pemerintah. Penanganan sampah juga akan menjadi salah satu bagian dari program pembangunan nasional.

Penanganan sampah ini tidak akan selamanya mengandalkan anggaran negara. Luhut menjelaskan sampah-sampah ini bisa menghasilkan uang, dengan pengelolaan yang benar. Dia mencontohkan pengelolaan sampah menjadi energi. Sampah plastik bisa diubah menjadi bahan bakar minyak dan sampah organik bisa menjadi gas atau bahan bakar nabati.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...