Pemberlakuan Perluasan Ganjil Genap Diperpanjang

Ameidyo Daud Nasution
28 Juni 2018, 21:18
Pertumbuhan Ekonomi
Donang Wahyu|KATADATA
Lalu lintas di kawasan bisnis Jakarta.

Kementerian Perhubungan menyebut pemberlakuan perluasan kebijakan ganjil genap di jalan arteri primer akan diperpanjang selama sebulan dari yang sebelumnya hanya dua pekan. Rencananya perluasan pemberlakuan ganjil genap ini akan diuji coba mulai 2 Juli pekan depan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan perpanjangan ini dilakukan untuk menghindari kekacauan lalu lintas akibat pemberlakuan kebijakan yang menjadi paket manajemen transportasi Asian Games 2018 ini. "Makanya kami tambah jadi sebulan untuk sosialisasi sebelum implikasinya," kata dia di Jakarta, Kamis (28/6).

(Baca: Sepeda Motor Bebas dari Pembatasan Kendaraan Asian Games)

Meski demikian, Bambang mengatakan evaluasi akan terus dilakukan tiap pekan, agar kebijakan ini bisa lebih terukur dampaknya. Hal ini agar ketika kebijakan benar-benar diberlakukan tanggal 1 Agustus maka masyarakat sudah siap. Payung hukumnya disiapkan sembari uji coba dilakukan.

Aturan ini akan diberlakukan di ruas seperti Pondok Indah, jalan Ahmad Yani (By Pass), Jalan Benyamin Sueb (Kemayoran), Jalan Rasuna Said, Jalan M. T. Haryono, serta Jalan S. Parman. Selain itu ada dua langkah lagi yakni penambahan angkutan umum serta perluasan pembatasan lalu lintas angkutan barang hingga tol Cawang - Tanjung Priok, Tol Pelabuhan, Tol Cawang - Taman Mini, hingga Tol Cawang - Cikunir.

(Baca Ekonografik: Aturan Ganjil Genap Selama Asian Games 2018)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...