Harga Minyak Turun 2% Jelang Pertemuan OPEC

Image title
22 Juni 2018, 10:53
Sumur Minyak
Chevron

Pertemuan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) telah berpengaruh pada harga minyak dunia. Menjelang kesepakatan OPEC hari ini, harga minyak dunia sudah turun pada perdagangan kemarin.

Dilansir oleh Reuters, harga minyak mentah Brent LCOc1 turun sebesar US$ 1,76 per barel, atau lebih dari 2 persen ke level terendah US$ 72,98. Padahal, sebelumnya sudah sedikit naik menjadi US$ 73,34 per barel. Harga minyak mentah ringan Amerika Serikat (AS) CLc1 juga ini turun US$ 1menjadi US$ 64,71 per barel.

Harga minyak Brent sempat mencapai harga tertingginya yaitu di atas US$ 80 per barel bulan lalu. Tetapi telah jatuh dalam beberapa pekan terakhir karena rencana Arab Saudi. Negara asal Timur Tengah, pemimpin de facto OPEC ini mengisyaratkan akan meningkatkan produksinya untuk menstabilkan harga.

(Baca: Mewaspadai Dampak Sidang OPEC ke Indonesia)

Negara-negara OPEC akan mengadakan pertemuan dua tahunan di Wina, Austria pada hari ini dan diperkirakan akan setuju untuk menggenjot lebih banyak produksi minyak. Selain itu, ada kemungkinan beberapa produsen lain di luar OPEC, termasuk Rusia, yang akan melakukan tindakan yang sama. Iran yang sempat menentang setiap kenaikan produksi minyak mentah, mulai mengisyaratkan kemungkinan mendukung dengan skala yang kecil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...